Menumbuhkan Semangat Mahasiswa Mencintai Karya Ilmiah Melalui Seminar Dan Diseminasi Hasil
Penelitian Program Studi D III Kebidanan

Menumbuhkan Semangat Mahasiswa Mencintai Karya Ilmiah Melalui Seminar Dan Diseminasi Hasil Penelitian Program Studi D III Kebidanan

 

Program studi D III Kebidanan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata Yogyakarta menyelenggarakan seminar dan diseminasi hasil penelitian dosen pada hari Kamis, 28 Juli 2016 bertempat di ruang theater lantai 3 Universitas Alma Ata. Tujuannya adalah mahasiswa dapat lebih menyukai karya-karya ilmiah, membaca hasil penelitian yang terbaru dan semangat dalam menghadiri seminar-seminar yang sangat berpengaruh terhadap intelegensi dan daya pikir mahasiswa yang mandiri. Selain itu juga mendorong dosen melalui research bersaing menulis hasil penelitian di jurnal-jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional yang dapat meningkatkan level universitas pada pada tingkat nasional ataupun internasional.

Seminar ini dihadiri Siti Nurunniyah, S.ST.,M.Kes., selaku Wakil Rektor I Universitas Alma Ata, Kusminatun, Amd.Keb.,S.Pd.,M.Sc. dan Heni Puji Wahyuningsih, S.ST.,M.Keb., selaku pembicara sekaligus reviewer hasil penelitian dosen D III Kebidanan, serta mahasiswi D III Kebidanan. Presentasi dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh Febrina Suci Hati, S.ST., MPH dengan simpulan adanya hubungan yang signifikan antara karakteristik orang tua yang terdiri dari pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan pengetahuan ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun. Serta adanya hubungan yang signifikan dengan stimulasi orang tua terhadap anak, dimana stimulasi tersebut dilakukan sejak usia dini atau pada masa-masa emas anak ( golden age).

Sedangkan sesi kedua diisi oleh Nur Indah Rahmawati, S.ST.,M.Kes. dengan simpulan pelaksanaan Kelompok Pendukung Ibu (KP-Ibu) masih belum optimal, maka kita sebagai masyarakat khususnya bidan harus dapat menumbuhkan sikap pentingnya pemberian ASI Ekskusif sehingga dapat menciptakan masyarakat yang mandiri dengan program KP-Ibu dengan adanya buku panduan. Sementara itu dari pembicara Kusminatun, Amd.Keb.,S.Pd.,M.Sc. dengan tema “Penerapan hasil penelitian kebidanan (evidence based) dalam Pelayanan Kebidanan dan Sistem Pendokumentasian Asuhan Kebidanan” Beliau menekankan bahwa penelitian harus berdasarkan dasar hukum, merujuk pada peraturan Kepmenkes dan sesuai dengan kejadian/masalah-masalah yang ada di masyarakat. Sedangkan dari pembicara “Heni Puji Wahyuningsih, S.ST.,M.Keb. dengan tema ” Issue-Issue Terkini Dalam Penelitian Kebidanan” penelitian berdasarkan evidence basic/masih dalam kategori permasalahan di masyarakat, selanjutnya harus berfikir kritis dengan cara literatur review dari berbagai sumber data yang terpercaya.

3,861 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by