Scrapbook: Inovasi Kreatif dalam Pembelajaran di Universitas di Jogja

Scrapbook: Inovasi Kreatif dalam Pembelajaran di Universitas di Jogja

Universitas Alma Ata – Inovasi Kreatif dalam Pembelajaran adalah komponen utama dalam pendidikan, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Guru bertindak sebagai fasilitator yang memberikan materi, sedangkan siswa adalah penerima pembelajaran. Diharapkan bahwa materi yang disampaikan mampu memberikan pemahaman kritis kepada siswa. Agar pembelajaran efektif, seringkali diperlukan inovasi. Salah satu inovasi yang bisa diterapkan adalah penggunaan media Scrapbook.

Scrapbook berasal dari kata “scrap” yang berarti potongan-potongan kertas yang disusun secara kreatif, dan “book” yang berarti buku. Jadi, Scrapbook adalah buku yang berisi tempelan gambar, kata, atau catatan penting terkait materi pembelajaran. Buku ini terdiri dari lembaran-lembaran yang dihias menarik untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik melalui ornamen yang ada.

Penggunaan Scrapbook dalam pembelajaran menawarkan banyak manfaat bagi siswa. Berikut adalah beberapa kelebihan Scrapbook:

  1. Menarik: Scrapbook mampu menarik perhatian siswa karena terdiri dari foto, kata-kata, dan gambar menarik yang dihiasi dengan ornamen-ornamen kreatif.
  2. Realistis: Scrapbook memberikan penjelasan yang lebih detail dan realistis mengenai topik yang dibahas, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi.
  3. Mudah Dibuat: Scrapbook tidak memerlukan bahan atau peralatan khusus, sehingga dapat dibuat dengan mudah dan sederhana.
  4. Fleksibel: Scrapbook dapat didesain sesuai keinginan pembuatnya, memungkinkan kreativitas dalam pembuatan dan penyesuaian dengan kebutuhan pembelajaran.

Namun, Scrapbook juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  1. Memakan Waktu Lama: Pembuatan Scrapbook memerlukan waktu yang cukup lama karena membutuhkan kreativitas tinggi dalam penyusunannya.
  2. Gangguan Fokus: Penggunaan gambar dan ornamen yang berlebihan dapat mengalihkan fokus siswa dari materi utama.

Meskipun demikian, kekurangan-kekurangan ini dapat diminimalisir dengan manajemen waktu yang baik. Scrapbook sering digunakan pada pembelajaran di Fase B-C, sementara pada Fase A jarang digunakan karena lebih banyak memerlukan kata-kata.

Mahasiswa-mahasiswi dari Universitas di Jogja telah mengembangkan media pembelajaran Scrapbook untuk meningkatkan kreativitas dan implementasi dalam pembelajaran. Scrapbook ini digunakan untuk materi “Bagian Tubuh Tumbuhan” pada kelas IV Sekolah Dasar, yang disajikan secara sederhana dalam sebuah buku bersampul coklat. Scrapbook ini terdiri dari 14 halaman yang mencakup berbagai bagian.

Pada halaman pertama, terdapat nama penyusun Scrapbook dari mahasiswa-mahasiswi Universitas di Jogja. Halaman-halaman berikutnya mencakup peta konsep bagian tubuh tumbuhan dan materi mengenai akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga. Di akhir Scrapbook, terdapat soal-soal untuk dikerjakan siswa terkait materi bagian tubuh tumbuhan.

Penggunaan Scrapbook dalam pembelajaran di Universitas di Jogja diharapkan mampu membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi ini menjadi salah satu contoh bagaimana media kreatif dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan penerapan media Scrapbook, diharapkan proses belajar mengajar di Universitas di Jogja menjadi lebih interaktif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Author: Subkhi Mashadi

 

Sumber : https://www.kompasiana.com/septiteguhsatria790885/6697bd6aed64152f1f1d2b65/scrapbook-sebagai-salah-satu-inovasi-dalam-pembelajaran?page=2&page_images=1
Sumber Img : https://pin.it/3cPZrKQeR

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.