Kulkas Samsung Jadi Pusat Kontrol Smart Home dengan Perintah Suara

Kulkas Samsung Jadi Pusat Kontrol Smart Home dengan Perintah Suara

Universitas Alma Ata – Pada Kamis, 27 Januari 2022, Samsung meluncurkan kulkas pintar terbaru model side-by-side di Indonesia, yaitu Samsung Family Hub. Kulkas ini dilengkapi dengan layar sentuh yang berfungsi sebagai pusat kontrol (hub) untuk menghubungkan berbagai perangkat rumah.

Melvin Rubianto, Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, menyatakan bahwa Samsung Family Hub dapat menghubungkan berbagai perangkat dengan SmartThings, aplikasi yang mengontrol perangkat berbasis Internet of Things (IoT) di rumah pintar. IoT memungkinkan perangkat saling berkomunikasi melalui jaringan tanpa memerlukan komputer atau interaksi manusia. “Kulkas ini bisa terhubung dengan perangkat Samsung yang memiliki SmartThings dan koneksi WiFi, seperti Air Purifier, AC, dan Smart TV,” kata Melvin.

Perangkat yang terhubung dapat dioperasikan melalui layar sentuh kulkas, seperti menyalakan atau mematikan perangkat. Pengguna juga bisa menggunakan perintah suara pada perangkat pintar yang terhubung dengan Samsung Family Hub.

Samsung Family Hub mendukung asisten digital Bixby, asisten pintar berbasis AI seperti Apple Siri, Amazon Alexa, dan Google Assistant. Namun, dukungan Bixby dalam Bahasa Indonesia belum tersedia dan masih dalam pengembangan. “Google Assistant sejauh ini belum tersedia, dan Bixby berbahasa Indonesia juga belum tersedia, saat ini sedang dikembangkan,” kata Melvin.

Melvin juga menyatakan bahwa Samsung Family Hub dapat terhubung dengan ponsel non-Samsung melalui aplikasi SmartThings yang tersedia di Play Store dan App Store. Semua perangkat dengan SmartThings dapat terhubung dengan kulkas ini.

Di Indonesia, Samsung Family Hub tersedia dalam warna hitam dan dijual seharga Rp 30 juta. Kulkas ini sudah bisa dibeli di toko resmi Samsung, baik online maupun offline.

Sumber:

  • https://www.freepik.com/free-ai-image/small-kitchen-space-with-modern-design_59991514.htm#fromView=search&page=1&position=15&uuid=dc238e40-ecff-4c99-a29e-1a0153ad6130
1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.