Mengenal Pengertian E-Wallet serta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Pengertian E-Wallet serta Kelebihan dan Kekurangannya

Universitas Alma Ata – E-Wallet adalah salah satu perkembangan teknologi yang sangat mempengaruhi kehidupan saat ini. E-Wallet merupakan layanan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan instrumen pembayaran, seperti kartu dan uang elektronik, menampung dana, serta melakukan pembayaran. Dompet Elektronik dapat berbentuk aplikasi atau layanan yang dirancang untuk menyimpan uang digital dan melakukan transaksi online antara pengguna.

Beberapa Aplikasi E-Wallet yang Populer di Indonesia:

  • Gopay: Merupakan bagian dari aplikasi Gojek yang bisa digunakan untuk membayar layanan dalam aplikasi Gojek.
  • OVO: Menduduki peringkat kedua sebagai salah satu E-Wallet yang banyak digunakan di Indonesia.
  • DANA: Hasil kerjasama antara Ant Financial dan Emtek Group, bisa digunakan untuk transaksi di marketplace Bukalapak.
  • LinkAja: Merupakan hasil merger dari beberapa BUMN seperti T-Cash, Unikqu, Mandiri e-cash, T-Bank, dan T-Money.

Kelebihan E-Wallet:

  • Bebas dari Risiko Uang Palsu: E-Wallet mengurangi risiko peredaran uang palsu yang masih menjadi isu di Indonesia, karena banyak masyarakat yang sulit membedakan uang asli dan palsu.
  • Transaksi Lebih Cepat: Menggunakan Dompet Elektronik membuat transaksi lebih cepat dibandingkan dengan transaksi tunai yang memerlukan pertukaran uang fisik. Dompet Elektronik memungkinkan transaksi dengan hanya melakukan scan barcode atau transfer ke virtual account tanpa perlu berada di tempat yang sama.

Kekurangan E-Wallet:

  • Biaya Administrasi pada Setiap Transaksi: Beberapa Dompet Elektronik masih menerapkan biaya administrasi per transaksi. Meskipun kecil, biaya ini tetap menjadi pertimbangan bagi pengguna.
  • Saldo Digital Kadang Tidak Dapat Dicairkan: Beberapa platform Dompet Elektronik tidak menyediakan layanan pencairan saldo, sehingga uang dalam dompet digital harus dibelanjakan dan tidak bisa digunakan untuk menabung.
  • Merchant atau Pasar Masih Terbatas: Penggunaan E-Wallet di Indonesia masih terbatas karena belum banyak merchant yang menerima transaksi digital. Hal ini disebabkan oleh kurangnya infrastruktur pendukung seperti internet yang belum merata di seluruh Indonesia.

Sumber:

  • https://www.freepik.com/free-vector/digital-wallet-abstract-concept-illustration_12291265.htm#fromView=search&page=1&position=0&uuid=149fd4d8-aca3-4f9c-91f9-7cbac0a6e1c0
1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.