Asesmen Kompetensi untuk Siswa Madrasah Akan Diadakan pada Agustus, Ini Materi Ujiannya

Asesmen Kompetensi untuk Siswa Madrasah Akan Diadakan pada Agustus, Ini Materi Ujiannya

Universitas Alma Ata – Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag RI akan menggelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) untuk siswa madrasah. Acara ini direncanakan berlangsung pada Agustus mendatang. Menurut Direktur KSKK Madrasah, M. Sidik Sisdiyanto, AKMI adalah tes diagnostik yang bertujuan menilai kompetensi literasi siswa madrasah.

Penyelenggaraan AKMI bertujuan untuk memajukan madrasah agar lebih berkualitas dan berdaya saing global.

“Tes diagnostik ini berguna untuk memetakan capaian kompetensi literasi siswa, bukan untuk mengukur prestasi dalam mata pelajaran tertentu. Selain itu, juga memetakan tingkat kemahiran siswa,” jelas Sidik dalam keterangannya pada Rabu (3/7/2024).

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tidak bertujuan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan dalam mata pelajaran tertentu, melainkan untuk melihat sejauh mana tingkat kemampuan literasi siswa.

AKMI Berfokus pada Literasi

Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi KSKK Madrasah sekaligus Koordinator Komponen 2 Madrasah Reform, Abdul Basit, menyatakan ada beberapa alasan penyelenggaraan AKMI.

Ketua Project Management Unit (PMU) Madrasah Education Quality Reform di Kemenag RI, Arif Rahman, menyebutkan setidaknya ada perubahan dalam standar lulusan, standar isi kurikulum, standar proses pembelajaran, dan standar penilaian pembelajaran.

baca juga : Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi Kemenag 2024 Dibuka, Cek Jadwal dan Persyaratannya!

 

Penulis: Subkhi Mashadi

Sumber : https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7421560/bakal-ada-asesmen-bagi-siswa-madrasah-agustus-mendatang-ini-yang-diujikan
sumber img : https://pin.it/6ibLOjbLG

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.