Jurusan Kuliah Terbaik untuk Menghadapi Era Industri 4.0 Menurut Kemendikbud

Jurusan Kuliah Terbaik untuk Menghadapi Era Industri 4.0 Menurut Kemendikbud

Universitas Alma Ata – Memilih jurusan kuliah yang tepat untuk menghadapi persaingan di era Industri 4.0 menjadi semakin penting. Perkembangan teknologi saat ini sangat membutuhkan keterampilan yang relevan. Kemendikbud telah mengidentifikasi empat jurusan yang lulusannya sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0.

1. Bisnis Digital
Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk menguasai bidang startup digital dan marketplace. Materinya mencakup manajemen, e-commerce, teknik informatika, sistem informasi, dan hukum bisnis. Lulusan memiliki peluang karir sebagai manajer akun digital, analis bisnis digital, koordinator bisnis digital, dan ahli bisnis digital.

2. Artificial Intelligence dan Teknik Robotika
Jurusan ini fokus pada integrasi robotika dan kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem otonom atau cerdas. Dosen mengajarkan mata kuliah yang meliputi matematika, fisika dasar, teknologi informasi, desain, aplikasi robotika, pemrograman dasar, dan kecerdasan buatan. Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti, insinyur robotika, software engineer, dan data scientist.

3. Cyber Security
Jurusan ini mengajarkan cara melindungi berbagai industri dan data dari serangan dunia maya. Materinya meliputi cyber forensic, struktur data, pemrograman, coding, dan uji penetrasi jaringan. Lulusan bisa bekerja sebagai Analis Forensik Komputer, Arsitek Big Data, Analis Keamanan, dan Pejabat Intelijen Cyber.

4. Matematika Statistik
Profesi data scientist sangat diperlukan di era digital. Jurusan ini mencakup aljabar linear, rancangan percobaan, metode survei sampel, dan analisis regresi. Lulusan dapat bekerja sebagai pegawai bank, peneliti pasar, data scientist, analis anggaran, dan analis sistem.

Memilih Jurusan Kuliah Terbaik adalah salah satu dari jurusan-jurusan ini akan membantu lulusan menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era Industri 4.0.

Sumber: [maukuliah.id](https://blog.maukuliah.id/4-jurusan-kuliah-yang-paling-dibutuhkan-di-era-industri-4-0-menurut-kemendikbud/)
Sumber gambar: [Freepik](https://www.freepik.com/free-photo/business-teamwork-success-concept_1211511.htm#fromView=search&page=1&position=6&uuid=22d305f2-356e-4d34-8206-30442cc3955d)

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.