Kepuasan Layanan Sebagai Salah Satu Jalan Susksesnya Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Kepuasan Layanan Sebagai Salah Satu Jalan Susksesnya Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Editor : Danar Widiyanto

YOGYA, KRJOGJA.com – (29/12/2021) MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan program terobosan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk menguatkan kompetensi mahasiswa sehingga lebih siap untuk berkarya di dunia kerja. Program ini memberikan kesempatan yang luas dan kemerdekaan bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar Perguruan Tinggi-nya.

erdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengikuti kegiatan diluar kampus selama 2 semester atau setara dengan 40 sks (satuan kredit semester) di luar Perguruan Tinggi.

Program ini sudah diikuti oleh mahasiswa di Universitas Alma Ata Yogyakarta, baik kegiatan MBKM yang didanai oleh Kemdikbud RI ataupun Universitas Alma Ata. Kegiatan MBKM yang telah diikuti oleh mahasiswa diantaranya adalah Asistensi Mengajar, Magang Bersertifikat, Studi Independen Bersertifikat, KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik), Proyek Kemanusiaan, dan Pertukaran Mahasiswa. Untuk mendukung suksesnya kegiatan MBKM ini, perlu layanan dari prodi maupun tenaga administrasi yang baik. Universitas Alma Ata memiliki fokus besar dalam memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa, sehingga pada pelaksanaan program MBKM ini disediakan kuesioner kepuasan mahasiswa dalam implementasi program MBKM.

Kuesioner ini disusun oleh tim ahli yang telah mengawal kegiatan MBKM di Universtias Alma Ata dalam Forum Grup Discussion (FGD) dengan harapan diperoleh data kepuasan yang representative.

“Bahwa Universitas Alma Ata selalu berupaya menjaga kualitas pelayanan baik akademik maupun non-akademik, oleh karena itu melalui kuesioner kepuasan mahasiswa ini diyakini dapat memberikan masukan untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan MBKM di UAA. Kuesioner ini secara periodik akan diberikan kepada mahasiswa UAA yang terlibat dalam kegiatan MBKM. Hasil persepsi mahasiswa akan digunakan sebagai dasar pengembangan program MBKM UAA pada periode berikutnya di UAA,” ujar Dr. Muh. Mustakim, M.Pd.(*)

Sumber : https://www.krjogja.com/pendidikan/kampus/kepuasan-layanan-sebagai-salah-satu-jalan-susksesnya-implementasi-mbkm-di-perguruan-tinggi/2/

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.