PIK-M Sahabat Remaja

logo-pikm-alma-ata

What is PIK-M ”SAHABAT REMAJA” STIKES ALMA ATA?

PIK-M ”Sahabat Remaja” pertama kali diresmikan pada tanggal 23 Maret 2009 oleh Acting Rektor Perguruan Tinggi Alma Ata Prof. Hamam Hadi, MS., Sc.D, dan diresmikan oleh Ketua BKKBN Pusat dr. Sugiri Syarief, M.PH.

PIK-M Sahabat Remaja Alma Ata adalah pusat informasi dan konseling mahasiswa (PIK-M), yaitu kegiatan yang bertujuan memberikan konseling, informasi, pelatihan untuk pengembangan kemampuan mahasiswa dalam melakukan pelayanan konseling, pendampingan dan pemberian informasi mengenai kesehatan reproduksi kepada remaja di wilayah DIY. PIK-M.

Diantara kegiatan PIK-M Adalah melaksankaan kegiatan pendidikan dan pelatihan mahasiswa yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi remaja seperti :

Konseling
Sosialisasi tentang kesehatan reproduksi remaja
Rujukan bagi kasus yang memerlukan terapi medis
Penyediaan buku-buku bacaan yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi remaja
Roadshow PIK M ke SMA-SMA
Pembuatan mading dan leaflet
Budidaya Ikan Tawar : Mujaer, Nila, dan Ikan Emas
Budidaya Kebun Toga (Tanaman Obat Keluarga)

Dalam menjalankan kegiatan konseling, informasi dan edukasi di PIK M ini kami memiliki visi dan misi sebagai kekuatan kami dalam membantu permasalahan remaja dan menjalankan program PIK-M “Sahabat Remaja”, berikut visi dan misi PIK-M “Sahabat Remaja”:

Visi PIK-M “Sahabat Remaja”
Menjadikan remaja yang sehat, kreatif, mandiri dan berakhlaqul karimah dalam rangka terwujudnya generasi muda yang berkualitas

Misi PIK-M “Sahabat Remaja”
Menyelenggarakan kegiatan penyuluhan, penelitian dan pelayanan kesehatan reproduksi remaja tentang Triad KRR (seperti : Seksualitas, NAPZA dan HIV/AIDS)
Mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan pendewasaan usia perkawinan, bercita- cita mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

PIK M “Sahabat Remaja” berada di bawah naungan BKKBN Provinsi DIY masih secara berkesinambungan menjalankan dan mengembangkan program kerja dan pelayanan agar tetap menjadi PIK M “Sahabat Remaja” yang TEGAR remaja. Demi mencapai tujuan itu kami memerlukan dukungan dari pihak remaja umumnya dan pihak kampus serta BKKBN Provinsi DIY khususnya.

Mari bergabung bersama kami PIK-M “Sahabat Remaja” dalam mewujudkan cita-cita menjadi TEGAR remaja dengan menunda usia pernikahan dini, berperilaku sehat, terhindar dari resiko seksualitas, bebas HIV/ AIDS dan NAPZA serta bercita-cita mewujudkan generasi muda yang sehat, kreatif, mandiri dan berakhlaqul karimah dalam rangka terwujudnya generasi muda yang berkualitas, dan keluarga kecil bahagia sejahtera, menjadi model di lingkungan remaja, idola dan menjadi teman curhat Sahabat Remaja.

Unit kegiatan PIK-M ini terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat. Pada tahun ke empat berdirinya, PIK-M sudah memperoleh status “Tumbuh” setelah sebelumnya berturut-turut memperoleh status “Tegar”,, dan kemudian “Tegak”. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PIK-M antara lain adalah melakukan pelayanan konseling, konsultasi dan pendampingan siswa/siswi beberapa SMA di wilayah DIY tentang kesehatan reproduksi remaja.

Disamping itu, sejak tanggal 23 Maret 2009 PIK-M juga secara rutin memberikan informasi, pelayanan konseling dan konsultasi tentang kesehatan reproduksi remaja kepada masyarakat luas melalui Radio Bantul 89,1 FM.

PIK-M meskipun sederhana telah dilengkapi dengan fasilitas kebun Toga (tanaman obat keluarga) dan budidaya ikan tawar. Dan pada tanggal 21 Maret 2011 telah dipilih oleh BKKBN Kab Bantul untuk mengikuti Lomba PIK-M tahap Tegar se-DIY tahun 2011.

PIK-M sampai hari ini secara kontinyu melakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan-pelatihan kesehatan seperti “Pelatihan SADARI” bagi ibu-ibu dan remaja putri di beberapa wilayah di DIY. Dan juga secara kontinyu melakukan pelayanan konseling, pendampingan dan pemberian informasi mengenai kesehatan reproduksi di lingkungan mahasiswa Perguruan Tinggi Alma Ata dengan mengadakan pertemuan rutin setiap kamis sore pukul 16.00 -18.00.

Pada tahun 2012, tepatnya pada bulan Agustus, PIK M “Sahabat Remaja” bekerja sama dengan Badan Kesejahteraan Keluarga Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BKKPPKB) Kabupaten Bantul melaksanakan Jambore PIK se-Kabupaten Bantul di STIKES Alma Ata Yogyakarta.

Pada bulan April 2013 PIK M mengirimkan perwakilan mahasiswa untuk mengikuti Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe se-DIY. Dalam kontes tersebut 3 orang mahasiswa STIKES Alma Ata Yogyakarta lolos sampai tahap final.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

12 − eight =

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.