Menemukan Kembali Jalan Pendidikan
Universitas Alma Ata – Pemerintah perlu mengembalikan misi utama LPTK sebagai pondasi penguatan mutu guru. Transformasi IKIP menjadi universitas sejak 1998 menyebabkan LPTK melebar fungsi, hingga meninggalkan fokus pendidikan. Reinventlisasi ini diharapkan mengembalikan kontribusi LPTK dalam mencetak guru berkualitas.
Dengan kembali menitikberatkan pada kompetensi pedagogik, LPTK bisa memperkuat kualitas sumber daya manusia pendidik di seluruh jenjang. Misi ini juga selaras dengan tugas negara untuk menyiapkan guru yang berkomitmen mencerdaskan anak bangsa .
Optimalisasi LPTK perlu didukung investasi pada pelatihan intensif serta kolaborasi dengan dunia industri dan komunitas pendidikan. Strategi ini bukan hanya memperkuat metode pengajaran, tetapi juga menumbuhkan dedikasi guru sebagai motor utama perubahan pendidikan.
Jika diterapkan konsisten, reinvensi misi LPTK akan meningkatkan mutu pengajar dan kualitas pembelajaran. Langkah ini menjadi fondasi penting untuk menjaga arah pendidikan nasional yang kuat dan relevan.
Penulis: Aizan
Sumber Berita: https://www.kompas.id/artikel/menemukan-kembali-jalan-pendidikan