Lokakarya Kepemimpinan Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 di SMP N 2 Wates

Lokakarya Kepemimpinan Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 di SMP N 2 Wates

Oleh: An-Nisa Apriani, M.Pd.

Universitas Alma AtaAn-Nisa Apriani, M.Pd. merupakan salah satu dosen PGSD Universitas Alma Ata yang lolos sebagai Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) Angkatan 3 Wilayah Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 11 Mei 2024, An-Nisa Apriani, M.Pd. sebagai Fasilitator sekolah penggerak (FSP) menjadi narasumber dalam kegiatan lokakarya kepemimpinan sekolah 1 selama 8 JP dari pukul 08.00-15.45 WIB di SMP Negeri 2 Wates Kulon progo. Kegiatan lokakarya bertujuan agar Pengawas sekolah, kepala sekolah dan pendidik mengenal 5 kebiasaan seorang Pemimpin efektif, menyebutkan langkah 5T dalam pengambilan keputusan berdampak, dan menerapkan setiap langkah 5T dalam pengambilan keputusan berdampak. Langkah pengambilan keputusan berdampak yang perlu dilakukan dengan mengikuti alur terstruktur 5T yaitu telusuri kondisi kunci, tentukan kondisi batasan, tetapkan kondisi ideal, terapkan aksi nyata, dan temukan umpan balik

Kegiatan lokakarya dilakukan dengan Teknik MERDEKA yaitu Mulai diri sendiri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi materi, dan Aksi nyata. Teknik mulai diri sendiri, peserta lokakarya melakukan refleksi tentang langkah – langkah yang dilakukan dalam menindaklanjuti berbagai situasi di lingkungan sekolah. Teknik eksplorasi konsep, Peserta mengenal 5 kebiasaan seorang pemimpin yang efektif. Peserta menjabarkan 5T (Telusuri Kondisi Kunci, Tentukan Kondisi Batasan, Tetapkan Kondisi Ideal, Terapkan Aksi Nyata, Temukan Umpan Balik) sebagai langkah – langkah pengambilan keputusan berdampak. Teknik ruang kolaborasi, Peserta menerapkan 3 langkah dari langkah 5T dalam sebuah simulasi pengambilan keputusan berdampak bersama kelompok. FSP mendampingi setiap kelompok saat proses diskusi. Teknik demonstrasi kontekstual, Peserta melengkapi tahap ke 4 dari 5T yaitu Terapkan Aksi Nyata yang disesuaikan dengan situasi sekolah masing – masing. Teknik elaborasi pemahaman, peserta berbagi langkah langkah aksi nyata yang dibuat sesuai kebutuhan masing masing sekolah. Teknik koneksi materi, Peserta memberdayakan anggota komunitas belajar di sekolah sebagai penanggung jawab pelaksana aksi nyata. Teknik aksi nyata, Peserta melengkapi langkah terakhir 5T dengan menemukan beberapa cara untuk mendapatkan umpan balik selama pelaksanaan rencana aksi.

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.