Ilmu Akuntansi

Ilmu Akuntansi

Pengertian dari ilmu akuntansi adalah suatu ilmu yang dipergunakan untuk mempelajari seluruh aktivitas pemasukan dan pengeluaran keuangan. Lalu, Akuntansi sendiri merupakan suatu proses mencatat, mengelompokkan, meringkas, mengolah serta menyajikan data, transaksi dan juga seluruh aktivitas keuangan sehingga bisa digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan ekonomi dan tujuan lainnya.

Kata akuntansi berasal dari bahasa asing, yakni accounting yang dalam bahasa indonesia diartikan sebagai menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi biasa juga disebut sebagai bahasa bisnis.

Fungsi utama dari akuntansi adalah sebagai informasi keuangan dari sebuah organisasi. Pentingnya ilmu akuntansi adalah untuk menunjukkan kepada pihak­pihak terkait tentang pergerakan dan perubahan keuangan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Mungkin Anda bertanya, siapakah pihak­pihak yang membutuhkan informasi keuangan? Berikut ini merupakan pihak yang membutuhkan dan menggunakan laporan akuntansi :

  1. Pihak Internal

Siapakah yang dimaksud dengan pihak internal? Pihak internal merupakan pihak yang tergabung dalam struktur organisasi, terutama pihak manajemen. Laporan akuntansi yang benar dan akurat sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat.

2. Pihak External, yang terdiri atas :

  • Investor Akuntansi keuangan suatu perusahaan sangat penting bagi Investor sebagai penentu apakah ia akan menanamkan modalnya atau tidak. Jika posisi keuangan dalam laporan akuntansi menunjukkan keuntungan yang baik, maka investor akan menanamkan modalnya ke perusahaan, begitupun sebaliknya.
  • Pemegang saham / pemilik perusahaan Para pemilik perusahaan atau pemegang saham merupakan pihak yang sangat membutuhkan informasi keuangan perusahaan. Hal itu sangat penting untuk bisa mengetahui seberapa besar kemajuan atau kemunduran yang dialami oleh perusahaan. Pemegang saham sendiri akan memperoleh dividen yang besar apabila perusahaan mendapatkan keuntungan.
  • Pemerintah Laporan keuangan suatu perusahaan sangat penting untuk menentukan besarnya pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah, karenanya sangat penting bagi perusahaan atau organisasi untuk membuat laporan keuangan secara benar dan terperinci.
  • Kreditur Jika perusahaan sedang terdesak dan membutuhkan dana segar perusahaan mungkin akan meminjam uang pada kreditor seperti meminjam uang di bank, berhutang barang pada supplyer / pemasok. Kreditur akan memberikan dana jika perusahaan memiliki kondisi keuangan yang baik dan tidak akan memiliki potensi yang besar untuk merugi.
  • Pihak- ­pihak terkait lainnya Selain pihak-­pihak yang disebutkan diatas, masih ada beberapa pihak yang membutuhkan informasi akuntansi, misalnya serikat pekerja, karyawan, mahasiswa, wartawan, auditor akuntan publik, dan masih banyak yang lainnya. Nah, setelah mengetahui tentang siapa saja yang membutuhkan informasi akuntansi, kini kita saatnya membahas tentang laporan dasar akuntansi. Pada dasarnya, proses akuntansi akan menyajikan output tentang :
  1. Laporan neraca (Balance sheet), yakni suatu daftar laporan yang berisi tentang aktiva, utang dan modal yang ditutup pada akhir periode akuntansi.
  2. Laporan laba rugi (Income statement), yakni laporan yang menunjukkan jumah pendapatan, biaya, laba dan rugi yang diperoleh pada periode tertentu.
  3. Laporan perubahan modal, yakni tentang laporan yang menunjukkan adanya perubahan modal pada periode tertentu.

Pada laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan/organisasi, nama laporan, periode laporan, tanggal penyusunan yang memudahkan pihak lain untuk memahaminya. Dari seluruh penjabaran diatas, tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa Ilmu akuntansi adalah ilmu yang sangat penting dan dipelajari oleh semua orang.

 

10,804 kali dilihat, 22 kali dilihat hari ini

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

8 − one =

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by