Dosen PGSD Universitas Alma Ata berhasil meraih hibah penelitian dari DIPA Kopertis V tahun 2018 yaitu An-Nisa Apriani, S.Pd., M.Pd. sebagai Ketua Peneliti dan Ruwet Rusiyono, S.Pd., M.Pd. sebagai anggota peneliti. Hal ini merupakan prestasi yang patut menjadi contoh bagi dosen lain untuk terus meningkatkan mutu penelitian dalam bidang pendidikan karakter. Salah satu penelitian yang lolos menerima hibah yaitu penelitian dengan judul “Pengaruh Moral Reasoning terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik”. Menurut An-Nisa Apriani, S.Pd., M.Pd., penelitian ini bertujuanuntuk mendukung dan memajukan program penguatan pendidikan karakter sekolah dasar (SD) di Indonesia.
Metode Moral Reasoning dipilih karena merupakan salah satu inovasi model pembelajaran yang mendidik dan menanamkan nilai-nilai karakter. Moral Reasoning adalah metode pembelajaran yang mewujudkan siswa untuk dapat berpikir rasional kritis, kreatif, dan memiliki watak yang baik. Moral reasoning membantu siswa dalam membuat pertimbangan moral yang lebih kompleks berdasarkan kepada nilai yang lebih tinggi. Mendorong siswa untuk mendiskusikan alasan-alasannya ketika memilih nilai dan posisinya dalam suatu masalah.Keunggulan dari Metode Moral Reasoningsudah diteliti oleh Mukino, Edi, dan Irawan (2016) menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran moral reasoning cenderung mengalami peningkatan kearah yang lebih baik, bahkan efektif untuk meningkatkan moralitas siswa.