Digital Marketing: Solusi Bagi UMKM untuk Tetap Berdaya Saing

Digital Marketing: Solusi Bagi UMKM untuk Tetap Berdaya Saing

Editor : Danar Widiyanto

BANTUL, KRJOGJA.com – (31/12/2021) Pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) dosen Universitas Alma Ata kali ini bertajuk “Optimalisasi Pemanfaatan Pangan Lokal serta Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Digital Marketing di Dusun Kamijoro dan Kunden.”

Kegiatan yang dilaksanakan berbarengan dengan agenda Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) mahasiswa ini melibatkan dosen dari dua bidang keilmuan yaitu Siska Ariftiyana, S.Gz. (Gizi), Defia Ifsantin Maula, S.I.P., M.B.A., CEC. (Manajemen), dan Ridho Satria Harahap, S.Ikom., M.B.A. (Manajemen).

Kegiatan pengabmas ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu kurangnya literasi terkait pemasaran digital. Peningkatan pengetahuan mengenai pemasaran digital memegang peranan penting dalam mempertahankan eksistensi UMKM di jaman sekarang.

“Pemasaran digital diperlukan untuk menjawab hambatan UMKM di Sendangsari dalam memperluas pasar dan menjangkau konsumen yang lebih banyak,” jelas Siska Ariftiyana, S.Gz. Adapun materi yang disampaikan dalam kesempatan pengabdian kali ini meliputi beberapa hal yaitu literasi pemasaran digital, keuntungan dan kelemahan pemasaran digital, hingga taktik yang diperlukan dalam penggunaan pemasaran digital.

“Beberapa kelebihan yang menjadi alasan pentingnya pemasaran digital adalah biaya yang rendah dibandingkan pemasaran tradisional, jangkauan target audiens yang jauh lebih luas, ketercapaian yang lebih mudah diukur dan kemampuan membangun citra merek dan reputasi perusahaan,” ujar Defia Ifsantin Maula, S.I.P., M.B.A., CEC.

Penggunaan media digital dalam pemasaran juga memerlukan strategi tersendiri dalam pelaksanaannya yang akan membuat usaha pemasaran ini semakin optimal. Diantaranya, buat konten yang memunculkan reaksi emosional dari audiens
“Anda, sering kali orang membagikan konten karena sebuah alasan emosional. Optimalkan baik itu pemasaran desktop maupun pemasaran seluler dan pahami bagaimana cara kerja keduanya. Yang terakhir, pahami perilaku konsumen anda hingga manfaatkan media social yang digunakannya. Kegiatan pengabmas ini diharapkan dapat berupa peningkatan pemahaman UMKM Sendangsari mengenai pemanfaatan digital marketing sehingga mampu untuk terus berdaya saing di pasar global,” pungkas Ridho Satria Harahap, S.Ikom., M.B.A.(*)

Sumber : https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/bantul/digital-marketing-solusi-bagi-umkm-untuk-tetap-berdaya-saing/2/

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.