AAMC

aamc-logo

ALMA ATA MEDICAL CENTER (AAMC)
NO. IJIN 0010/DP/160/III/2016

Alma Ata Medical center adalah sebuah klinik pratama rawat jalan yang siap melayani layanan kesehatan baik untuk kalangan sendiri maupun pasien umum. Salah satu bentuk layanan unggulan kami adalah Layanan Home Care yang tersedia dalam beberapa jenis layanan. Klinik kami berlokasi di jl. Ringroad Barat Daya No. 1 Tamantirto Yogyakarta.

Kami memberikan pelayanan mulai hari Senin hingga Sabtu dari pukul 08.00-16.00.  Saat ini kami mampu melayani pemeriksaan dan konsultasi dokter umum, vaksinasi, jahit dan rawat luka, terapi uap (seperti untuk penderita asma), cek gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Informasi lebih jelas tentang Pelayanan  Klinik Alma Ata Medical Center dapat Anda kunjungi melalui halaman Pelayanan Umum, Home Care, dan Jaminan Kesehatan Mahasiswa. Di sini Anda dapat menemukan berbagai informasi terbaru seputar Klinik Alma Ata Medical Center seperti kegiatan layanan yang akan dan sudah dilangsungkan.

Visi :

Menjadi instansi pelayanan kesehatan bermutu dan terdepan dengan keunggulan pada pelayanan terpadu dan profesional serta penelitian di bidang kesehatan

Misi :

  1. Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan up to date.
  2. Memberikan pelayanan Internal Jaminan Kesehatan Mahasiswa Alma Ata.
  3. Meraih segmen potensial sebagai wujud eksistensi Alma Ata Medical Center di mata masyarakat.
  4. Mewujudkan kemitraan dengan berbagai pihak secara profesional.
  5. Mewujudkan pendirian Rumah Sakit Alma Ata.

Jasa Pelayanan :

  1. UGD
  2. Poliklinik Umum (Pemeriksaan Dokter Umum)
  3. Konsultasi kesehatan
  4. Apotek
  5. Cek laboratorium sederhana (Asam Urat, GDS, Cholesterol)

Jam Pelayanan :

Senin-Jum’at : 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00
Hari Minggu dan hari Besar Islam Tutup


Jaminan Kesehatan Mahasiswa

Syarat JKM (Jaminan Kesehatan Mahasiswa)

Lampiran         : Surat Keputusan Presiden Direktur PT Alma Ata Life
No                   : 002/A/SK/Presdir/AA/VI/2015
Tanggal            : 16 Juni 2015
Tentang            : Persyaratan Pengajuan Klaim Jaminan Kesehatan Mahasiswa

Persyaratan Pengajuan Klaim

  1. Melampirkan kwitansi asli dari rumah sakit/Rincian Biaya kelas III.
  2. Melampirkan foto copy Kartu Mahasiswa (KTM) dan foto copy KTP.
  3. Melampirkan surat keterangan mahasiswa aktif darin Akademik.
  4. Untuk kasus non bedah dilampirkan:
    • Rincian biaya obat.
    • Rincian biaya laboratorium.Untuk kasus bedah dilampirkan:
    • Rincian biaya obat.
    • Rincian biaya laboratorium.
    • Rincian biaya di kamar operasi.
  5. Surat keterangan diagnosa / resume medis dari dokter yang menangani di rumah sakit.
  6. Untuk kasus kecelakaan lalu lintas meliputi:
    1. Kecelakaan tunggal: melampirkan surat keterangan dari polisi.
    2. Kecelakaan non tungal (lawan kendaraan bermotor lain): disarankan untuk mengurus klaim ke PT Jasa Raharja terlebih dahulu.
    3. Kronologi kejadian bermaterai 6000.

Keterangan:

  1. Total biaya perawatan rumah sakit dan laboratorium yang ditanggung oleh AAMC maksimal sebesar Rp. 2.500.000,-  sisanya ditanggung mahasiswa.
  2. Setiap mahasiswa hanya bisa melakukan klaim sebanya 1x (satu kali) setiap tahunnya.
  3. Kelas perawatan untuk rawat inap di rumah sakit hanya ditanggung untuk kelas III di rumah sakit kerjasama. Apabila mahasiswa mendapatkan perawatan di atas kelas tersebut, maka selisih biaya ditanggung mahasiswa.
  4. Klaim hanya berlaku pada beberapa rumah sakit kerjasama, antara lain: PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta, PKU Muhammadiyah Gamping, RSKB Ring Road Selatan, RSUD Wirosaban, RSUP dr. Sardjito, RS Akademik UGM, RSUD Panembahan Senopati Bantul.
  5. Penyerahan berkas klaim akan diterima apabila berkas sudah lengkap.
  6. Batas akhir pengurusan klaim maksimal 3 (tiga) bulan dari tanggal kwitansi yang dikeluarkan rumah sakit.  (lebih dari batas waktu tersebut, maka klaim tidak dapat dilayani dan dinyatakan hangus).

PELAYANAN YANG TIDAK DITANGGUNG ALMA ATA MEDICAL CENTER

  1. Peserta tidak mentaati prosedur/ketentan yang berlaku.
  2. Pelayanan kesehatan dilakukan di Rumah Sakit yang tidak bekerjasama dengan Alma Ata Medical Center.
  3. Biaya Administrasi, pendaftaran, kartu tunggu di Rumah Sakit.
  4. Imunisasi
  5. General Check-Up termasuk Surat Keterangan Sakit.
  6. Penyakit akibat upaya bunuh diri atau dengan sengaja menyakiti diri sendiri.
  7. Penyakit akibat keikutsertaan dalam olah raga yang berbahaya, missal: Beladiri, pecinta alam,dll.
  8. Penyakit Gangguan Kejiwaan (psikosa), Depresi.
  9. Pemeriksaan, tindakan penunjang dan pengobatan untuk TORCH ( toxoplasma, rubella,cytomegalovirus).
  10. Pemeriksaan, tindakan penunjang dan pengobatan untuk Kanker.
  11. Pemeriksaan, tindakan penunjang dan pengobatan untuk Stroke dan Jantung.
  12. Pemeriksaan,tindakan penunjang dan pengobatan untuk Gagal Ginjal termasuk Hemodialisa.
  13. Pemeriksaan Kehamilsan dan Persalinan.
  14. Pemeriksaan HIV dalam darah serta pengobatan AIDS.
  15. Orthodonsi (kawat gigi), tambal gigi selain amalgam, pembersihan karang gigi, operasi gigi (Odontectomy).
  16. Alat bantu kesehatan seperti : pen,plate,kawat gigi,screw, kawat gigi,kacamata, kruk, kursi roda, korset, tongkat penyangga,soft lens dan alat bantu kesehatan lainnya.
  17. MRI,Terapi ozon, Kedokteran laser, Angiografi, serta pemeriksaan penunjang lain yang tidak masuk dalam perjanjian Alma Ata Medical Center.
  18. Kecanduan narkoba dan kecanduan alcohol serta obat berbahaya lainnya.
  19. Obat dan alat kontrasepsi KB, Infertilitas.
  20. Khitanan tanpa indikasi medis.
  21. Pelayanan yang bersifat kosmetik baik operatif maupun non operatif termasuk koreksi kelainan bawaan.
  22. Biaya otopsi, visum et reperteum dan sewa ambulan.
  23. Penyakit bawaan yang diderita sejak lama.
  24. Pelayanan diberikan Alma Ata Medical Center apabila dirawat di Rumah Sakit harus mendapatkan surat rujukan dari Alma Ata Medical Center.

Home Care

Alma Ata Medical Center adalah sebuah klinik pratama rawat jalan yang siap melayani layanan kesehatan baik individu secara umum ataupun perusahaan. Salah satu  bentuk layanan unggulan kami adalah Layanan Home Care

Home care adalah suatu layanan perawatan AAMC dengan mendatangkan tenaga kesehatan baik dokter, perawat, fisioterapi,ahli akupuntur maupun ahli gizi ke rumah pasien dengan berbagai kondisi/jenis penyakit dan latar belakang yang melandasi keputusan keluarga pasien untuk menggunakan layanan jasa ini.

Beberapa nilai plus layanan ini dibandingkan dengan layanan kesehatan di rumah sakit atau di klinik yang lain, antara lain;

  1. Ekonomis (economics) :  pasien tidak perlu menjalanai rawat inap di rumah sakit),
  2. Kenyamanan (comfort) : pasien tidak perlu dimobilisasi ke layanan kesehatan terdekat karena layanan home care kami yang akan mendatangi pasien), dan
  3. Kemudahan akses bagi keluarga (practicality) : dengan kemudahan layanan pemesanan homecare baik melalui website home care AAMC atau melalui telephone keluarga memiliki akses yang sangat mudah dan cepat untuk menggunakan layanan home care ini).

PROGRAM LAYANAN HOME CARE

Home Care Alma Ata Medical Center tersedia dalam beberapa jenis program pelayanan sebagai berikut;

  1. Insidental Home Care :

Layanan ini bersifat insidentil dimana pasien hanya menginkan layanan kunjungan kerumah pada saat tertentu saja. Layanan ini cocok untuk keadaan-keadaan darurat atau bagi pasien yang ingin mencoba terlebih dahulu layanan Home Care AAMC sebelum kemudian memutuskan untuk memakai layanan berkala kami. Pembayaran untuk layanan ini dilakukan setiap kali kunjungan dengan total rincian tindakan diberikan di tempat.

  1. Care Deposit Home Care :

Jenis layanan ini dilakukan dengan menyimpan sejumlah uang (deposit) pada rekening Home Care AAMC, kemudian total rincian biaya pelayanan akan dibebankan pada saldo deposito yang dimilki. Sehingga Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk membayar biaya  setiap kali pelayanan homecare yang diterima. Sistem kami akan secara otomatis memotong jumlah saldo deposito Anda sesuai dengan total rincian pelayanan yang Anda dapatkan. Rincian biaya pelayanan dan jumlah deposito yang anda miliki akan kami laporkan setiap bulannya.

  1. Economy Package Home Care :

Jenis layanan ini menyediakan keunggulan dalam segi biaya dan kerutinan kedatangan. Dengan sistem ini, pasien akan mendapatkan  paket 4x kedatangan dalam sebulan.


ADMINISTRASI

  1. Pendaftaran:
  2. Pendaftaran langsung dengan datang di klinik AAMC
  3. Via telpon : NO. TLP AAMC: 0812 1412 2526
  4. Via online : diakses melalui https://almaata.ac.id/aamc/
  1. Pembayaran:
  2. Langsung tunai
  3. Transfer via ATM ke Rek. BNI : 1080200882 atas nama : AAMC

ALUR PELAYANAN HOME CARE AAMC

Pasien baru yang memerlukan pelayanan Home Care AAMC akan melalui beberapa tahap administrasi. Pasien/ Keluarga Pasien yang membutuhkan pelayanan homecare dapat mendaftarkan diri pasien melalui telepon dan website maupun datang langsung ke klinik AAMC dengan alur pendaftaran sebagai berikut:

  1. Alur pendaftaran bagi pendaftar yang hadir langsung ke klinik;
    1. Pasien/ Keluarga pasien mengisi blanko pendaftaran pasien baru
    2. Memilih jenis pelayanan yang di inginkan
    3. Menentukan jadwal kunjungan homecare
    4. Menyelesaikan proses pembayaran administrasi
  2. Alur pendaftaran bagi pendaftar yang menghubungi melalui telepon;
    1. Pasien/Keluarga pasien menghubungi CP Manajemen Homecare AAMC
    2. Menyampaikan informasi utama pasien (nama, umur, jenis kelamin, alamat rumah, nomer kontak)
    3. Apabila pasien/keluarga pasien memiliki akun whatsup (atau media sosial sejenisnya) dapat melengkapi informasi utama melalui pesan dan share location alamat tempat tinggal
    4. Memilih jenis pelayanan dan menentukan jadwal kunjungan pertama homecare
    5. Administrasi/pembayaran sudah mulai diproses saat kunjungan pertama, sekaligus melengkapi data rekam medis
    6. Pembayaran melalui transfer, harus melampirkan bukti transaksi kepada manajemen Homecare AAMC
  3. Alur pendaftaran online;
    1. Pasien/ keluarga pasien melengkapi berkas informasi utama pasien melalui website
    2. Memilih jenis pelayanan dan menentukan jadwal kunjungan homecare
    3. Pembayaran dapat melalui transfer atau langsung kepada Manajemen Homecare AAMC di tempat/klinik

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR HOME CARE AAMC

Untuk memudahkan pelayanan dan menjamin kualitas layanan Home Care AAMC, sebuah Standart Operational Procedure (SOP) layanan Home Care dibuat sebagai berikut:

  1. Pelayanan homecare dilaksanakan sesuai dengan jadwal perjanjian yang dibuat
  2. Pada kunjungan pertama, dokter dan perawat pelaksana harus melengkapi data dasar pasien secara lengkap dan holistik
  3. Pada kunjungan pertama, dokter dan perawat pelaksana dapat melakukan intervensi/ perawatan langsung ditempat jika dibutuhkan
  4. Data yang diperoleh dikaji oleh manajer kasus untuk kemudian didiskusikan secara kolaborasi terkait kebutuhan perawatan dan rencana kunjungan pasien selanjutnya
  5. Pasien dengan riwayat post rawat inap, jika telah memiliki instruksi perawatan dari rumahsakit dapat dilanjutkan. Tim homecare AAMC juga dapat memberikan intervensi tambahan sesuai kebutuhan kondisi pasien selama perawatan
  6. Setiap kunjungan harus memiliki dokumentasi tertulis maupun foto yang baik
  7. Monitoring dan evaluasi oleh manajer kasus dan perawat pelaksana secara berkala
  8. Apabila kondisi pasien dianggap tim homecare AAMC membutuhkan perawatan yang lebih (non emergency) diluar jumlah perjanjian yang sudah dibuat, maka keluarga pasien akan mendapatkan informasi dan berhak memutuskan secara independen
  9. Apabila kondisi pasien dianggap tim homecare AAMC membutuhkan perawatan lebih intensif (emergency) maka harus dilakukan rujukan ke rumah sakit terdekat atau sesuai permintaan keluarga pasien

TERMS AND CONDITIONS

  1. Tenaga medis pelayanan homecare AAMC akan segera mengirim tenaga medis ke lokasi pasien dalam kurun waktu kurang dari 24 jam untuk pasien dengan Status Emergency dan maksimal 2×24 jam untuk pasien dengan Status non Emergency
  2. Bila kebutuhan pasien sudah dapat terpenuhi secara mandiri dan/ kondisi pasien sudah membaik (sehat) maka pelayanan homecare akan dilakukan berkala dalam kurun waktu minimal 3x/tahun
  3. Pasien/ keluarga pasien memiliki hak untuk meminta pemberhentian pelayanan atas dasar; permintaan sendiri atau pasien/ keluarga pasien merasa tidak memerlukan lagi pemeriksaan lebih lanjut, dengan mengisi blanko pemberhentian pelayanan
  4. Apabila pasien terdaftar tidak memperoleh pelayanan homecare secara berkala (minimal 3x/ tahun) maka pasien akan dikenakan administrasi pendaftaran ulang.

 

Pelayanan Umum

Jam Pelayanan :

Senin-Jum’at : 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu               : 09.00 – 12.00 WIB
Hari Minggu dan hari Besar Islam Tutup

Jenis Pelayanan :

  1. Rawat jalan
  2. Pemeriksaan dan konsultasi dokter umum
  3. Rujukan
  4. Medical check up.
  5. Home Care
  6. Vaksinasi
  7. Jahit dan rawat luka
  8. Terapi uap (seperti untuk penderita asma)
  9. Cek gula darah, kolesterol, dan asam urat
  10. Apotek

gedung-aamcGedung Alma Ata Medical Center( AAMC )

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.