Workshop on Research Proposal Writing Clinic Prodi PGSD Bersama Dr. Drs. Udik Budi Wibowo

Workshop on Research Proposal Writing Clinic Prodi PGSD Bersama Dr. Drs. Udik Budi Wibowo

Penelitian merupakan salah satu komponen dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20 bahwa penelitian wajib dilakukan oleh dosen di Perguruan Tinggi di samping kegiatan pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Menyadari pentingnya peran penelitian di perguruan tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Alma Ata berusaha mendorong terbangunnya budaya meneliti di kalangan dosen dengan mengacu pada milestone universitas dan isu-isu mutakhir sesuai bidang keahlian.

Upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian secara terus menerus dilakukan oleh LP2M Universitas Alma Ata. Salah satu upaya tersebut adalah penyelenggaraan Workshop on Research Proposal Writing Clinic.  Tujuan workshop ini antara lain meningkatkan kemampuan dosen-dosen di Universitas Alma Ata dalam mengembangkan ide-ide penelitian yang sesuai dengan isu-isu mutakhir, meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen-dosen di Universitas Alma Ata dalam membuat proposal penelitian, meningkatkan kualitas karya ilmiah dosen-dosen di Universitas Alma Ata sehingga berpotensi untuk mempublikasikan penelitiannya dalam jurnal dan pertemuan ilmiah tingkat Nasional Terakreditasi dan Internasional, dan mensosialisasikan tips dan trik dalam memenangkan hibah dana penelitian eksternal dan publikasi.

Kegiatan Workshop on Research Proposal Writing Clinic  dilaksanakan untuk semua prodi dengan mengundang pemateri yang handal dan ahli di bidang penelitian. Pemateri Workshop on Research Proposal Writing Clinic  prodi PGSD adalah  Dr. Drs. Udik Budi Wibowo. Beliau  adalah dosen senior dari Program Studi Pasca Sarjana dan Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan administrasi pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau memiliki hasil karya penelitian di bidang administrasi pendidikan yang meliputi Studi Efektivitas Proyek Pengembangan Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Masyarakat, Peningkatan Kualitas Perkuliahan Pendidikan Makro melalui Pembelajaran Observasional (Observasional Learning), Tingkat Kesiapan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) pada Tingkat SD di Kota Yogyakarta, Kelayakan Penyelenggaraan Sekolah Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, dan Pelaksanaan Manajemen Sekolah pada Sekolah Dasar di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sleman

Alur kegiatan Workshop on Research Proposal Writing Clinic  prodi PGSD meliputi pengiriman proposal penelitian oleh dosen PGSD  Kepada LP2M. Prodi PGSD mengirimkan tiga proposal kepada LP2M  yaitu Kesadaran Guru Terhadap Penanaman Karakter   Toleransi  dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Inklusi Kota Yogyakarta, Pengembangan Buku Teks Berbasis Nasionalisme dengan Metode Value Clarification Technique (VCT), dan  Pengembangan Bahan Ajar Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berbasis Pembelajaran Aktif (Active Learning) untuk Sekolah Dasar Kelas V di Kabupaten Kulon Progo

Selanjutnya LP2M mengirimkan proposal penelitian oleh dosen PGSD kepada pemateri untuk direview secara garis besarnya. Pada hari workshop, pemateri memberikan materi mengenai metode penelitian dan isu mutakhir di bidang pendidikan serta membahas poin-poin penting dalam proposal penelitian dosen PGSD yang perlu diperbaiki/dikembangkan. Pada saat kegiatan berlangsung, pemateri mengajak dosen PGSD untuk diskusi kelompok yang berkaitan dengan poin-poin penting proposal yang perlu diperbaiki. Pada saat diskusi poin-poin penting proposal tersebut, pemateri dan dosen PGSD akan didampingi oleh fasilitator. Fasilitator bertugas untuk membantu memediasi masukan pemateri terhadap proposal dosen PGSD.

20,924 kali dilihat, 19 kali dilihat hari ini