Waspadai Produk Luar Negeri yang Beredar di Indonesia

Waspadai Produk Luar Negeri yang Beredar di Indonesia

Di era global saat ini, impor maupun ekspor barang sudah sangat kebebas sehingga banyak produk luar negeri yang beredar di Indonesia, salah satunya adalah makanan. Banyak produk olahan luar negeri baik non-instan maupun instan yang sudah dipasarkan di minimarket di banyak wilayah di Indonesia. Berkembangnya MEA menyebabkan keluar masuk barang dari dalam mapun keluar negeri semakin meningkat.

Data di Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa total berat barang konsumsi tahan lama yang masuk di Indonesia per tahunnya meningkat dari tahun 90’an yang totalnya tidak lebih dari 100.000 ton/ tahun menjadi 300.000 – 400.000 ton/ tahun. Dampak MEA sanat terlihat pada data ini.

Barang konsusmsi tahan lama yang beredar di Indonesia antara lain mie instan, permen, coklat, snack ringan, minuman ringan, dan lain-lain. Karena sangat pesatnya perkembangan MEA, bayak barang luar negeri yang mauk ke Indonesia secara ilegal. Semua makanan dan minuman yang beredar di Indonesia di bawah kendali BPOM.Makanan dan inuman kemasan yang sudah tertera nomor rgistrasi BPOM adalah makanan dan minuan yang sudah lolos uji kemanan konsumsi oleh BPOM melalui banyak proses uji. Sedangkan makanan dan minuman yang tidak memiliki nomor reistrasi BPOM maka tidak dapat dipastikan keamanannya. Oleh karena itu, waspada sebelum membeli bahan makanan atau minuma dari luar negeri menjadi sangat penting untuk melihat ada tidaknya nomor registrasi BPOM.

Dengan berkembangya teknologi dan berubahnya jaman menjadi on-line, maka memudah kan kita dalam mengecek nomor registrasi BPOM yang asli. Banyak industri bahan makanan dan minuman yang mencantumkan nomor registrasi BPOM palsu, yaitu nomor registrasi yang sejatinya bukan dikeluarkan oleh BPOM namun hanya karangan perusahaan industri tersebut. Untuk mengecek kebenaran noor regitrasi makanan, minuman, kosmetik, obat dan obat tradisional, serta suplemen makanan masyarakat umum dapat mengakses web BPOM terkait nomor registrasinya di http://cekbpom.pom.go.id/ dengan memilih produk apa yang dimaksud atau dengan memasukkan merk produk. Berikut merupkan tampilan web BPOM untuk mencari nomor registrasi barang:


Sebagai contoh banyak beredar mie instan dari Korea ataupun Jepang di Indonesia yang digemari banyak remaja Indonesia. Samyang adalah salah satu merk mie instan dari Korea yang banyak digemari karena trand saat ini. Untungnya banyak Samyang yang beredar di Indonesia sudah ada nomor registrasi BPOM sehingga aman dikonsumsi. Walaupun demikian, banyak mie instan yang beredar di Indonesia yang tidak memiliki nomor registrasi, sehingga perlu cross check pada situs BPOM tersebut.

Contoh salah satu mie instan asal Korea yang beredar di Indonesia yang sudah terdaftar BPOM

12,941 kali dilihat, 111 kali dilihat hari ini