VISITING COMPANY PENGEMBANGAN UMKM PADA DESTINASI PARIWISATA DI BALI PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH DAN PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ALMA 2017

VISITING COMPANY PENGEMBANGAN UMKM PADA DESTINASI PARIWISATA DI BALI PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH DAN PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ALMA 2017

Program studi ekonomi syariah dan program studi perbankan syariah Universitas Alma Ata Yogyakarta visiting company & perjalanan wisata Tanggal 13 November 2017 – 17 November 2017 ke Pulau Bali. Tujuan Visiting Company  tahun ini bertema pengembangan UMKM pada destinasi Pariwisata. Terdapat dua UMKM di Bali yang dikunjungi oleh mahasiswa Program studi ekonomi syariah dan program studi perbankan syariah yaitu PT. Angga Cahaya Dewata dan CV Cening Ayu.

Angga Cahaya Dewata, Alamat Jl. By Pass Ngurah Rai 53 Tohpati – Sanur, Denpasar, Bali Usaha yang didirikan  tahun 1995 oleh Kadek Imawati bersama suaminya Agung Darmayudha. Perusahaan tersebut bergerak di bidang Konveksi, Sablon Kaos, Kuliner, dan oleh-oleh khas Bali.  Mahasiswa Program studi ekonomi syariah dan program studi perbankan syariah Universitas Alma Ata Yogyakarta memperoleh motivasi untuk berwirausaha dan tatakelola perusahaan PT. Angga Cahaya Dewata. Kemudian mahasiswa juga dapat mengamati proses produksi kaos Dewata dari proses menjahit – sablon hingga packing bahkan peserta visiting company dapat belajar keterampilan menyablon kaos.

selanjutnya mahasiswa berkunjung ke Cv. Cening ayu yang berokasi di Jl. Raya Celuk, Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Cv. Cening ayu awalnya didirikan pada tahun 2008 oleh I wayan Bendi dan Ni nyoman tilem, pada awalnya cening ayu merupakan salah satu tempat belanja oleh-oleh yang menawarkan berbagai produk retail yang selama ini menjadi ciri khas Bali mulai dari cemilan, baju barong, kain pantai, batik, handycraft, perak dan lain sebagainya. Pada Tahun 2011 Ditengah pesatnya perkembangan dari usaha pusat oleh-oleh di bali, Cening ayu mempunyai inovasi agar lebih berkesan dan mempunyai ciri khas tersendiri, oleh salah satu putra mereka yang bernama I Komang Manik Sumardika , SE beserta istri yang bernama I Gusti Ayu Pradnyadari, SE pada saat itu menciptakan terobosan baru dengan cara membuat tempat produksi KAOS LUKIS BALI CENING AYU. Dan kemudian memasuki tahun 2012 cening ayu kembali berinovasi dengan membuat tempat produksi kue PIE SUSU CENING Dan sampai saat ini cening ayu hadir dengan nama Pusat Produksi Pie Susu dan Kaos Lukis Cening Ayu. Dengan tanpa menghilangkan produk produk lainnya yang sudah ada.

Peserta Visiting Company Program studi ekonomi syariah dan program studi perbankan syariah Universitas Alma tahun 2017 memperoleh pengetahuan praktis mengenai pengelolaan dan motivasi kewirausahaan UMKM pada destinasi Pariwisata di Bali.