Universitas Alma Ata Peringati Hari Santri Nasional

Universitas Alma Ata Peringati Hari Santri Nasional

Universitas Alma Ata Peringati Hari Santri Nasional. Seluruh civitas akademika universitas alma ata memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2017, pada Jumat (20/10/2017) halaman tengah Universitas Alma Ata. Hal ini sebagai apresiasi Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015 yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Hari Santri Nasional adalah bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

Rektor Universitas Alma Ata Prof. Dr. H. Hamam Hadi MS., Sc.D., Sp.GK dengan tegas menyerukan pentingnya menjaga keutuhan NKRI. Beliau mengisahkan perjuangan para ulama untuk kesatuan dan keutuhan NKRI yang telah dilakukan  kira-kira sedekade sebekum proklamasi kemerdekaan Indonesia yang kita ketahui dilaksanakan pada 17 Agustus 1945.

Diciptakannya lagu Yaa Lal Wathan oleh KH Wahab Hasbullah pada tahun 1934 menandai betapa kecintaan umat islam yang diwakili oleh kalangan santri terhadap bangsa Indonesia tercetuskan bahkan sebelum bangsa ini lahir. Oleh karena itu, dalam peringatan hari santri kali ini, mari kita merenungkan apa yang kita bisa lakukan sebagai umat dalam rangka mewujudkan kecintaan kita pada negeri ini, menjaga keutuhan negeri kita tercinta Indonesia.

Peringatan ke-3 Hari Santri Nasional ini, merupakan bagian dari rutinitas yang akan terus diperingati di Universitas Alma Ata sebagai seruan agar santri dapat terus berperan dalam membangun bangsa Indonesia. Kegiatan ini menjadi momentum untuk menyatukan semangat masyarakat Islam untuk bersama-sama bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan sekaligus memajukan dan menaikan derajat bangsa ini dikalangan internasional. Acara peringatan hari santri ditutup dengan menyayikan lagu Yaa Lal Wathan dan shalawat Diba’iyah. Shollu allan Nabi Muhammad, S.A.W.