Universitas Alma Ata menjalin Kerjasama dengan VIA

Universitas Alma Ata menjalin Kerjasama dengan VIA

Universitas Alma Ata mendapatkan kunjungan dari VIA (Volunteer in Asia) pada Rabu, 19 July 2017 dalam rangka tindak lanjut kerjasama yang telah digagas kedua belah pihak. VIA sebagai koordinator fellow (relawan) dari Amerika di Asia mengirimkan satu orang fellownya untuk ditempatkan di Universitas Alma Ata untuk belajar dan bertukar informasi serta pengalaman dengan civitas akademika Universitas Alma Ata selama 1 tahun terhitung mulai bulan agustus 2017.

Dikatakan oleh Sani Demonde, koorinator VIA untuk Indonesia, proyek VIA telah dimulai sejak 1960an. Proyek ini digagas untuk menjalin kerjasama yang lebih baik antara negara Amerika serikat dan wilayah-wilayah di berbagai negara di Asia. “Sebagai sukarelawan di Asia dengan Proyek Luar Negeri, relawan atau fellow akan langsung mendukung sebuah komunitas yang membutuhkan saat menemukan benua yang sangat beragam dan semarak.” Kata Sani.

Beberapa proyek VIA di Asia antara lain dengan menugaskan relawan untuk mengurus anak-anak, mengajar, konservasi , lingkungan, budaya dan komunitas, kepelatihan olahraga dan pembangunan. VIA mendesain semua proyeknya agar langsung dapat memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Pada tahun ini, VIA Indonesia mengirimkan 4 fellownya ke Yogyakarta untuk ditempatkan di beberapa post yang berbeda; 1 orang di kantor VIA Yogyakarta, 2 orang di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, dan 1 orang di Universitas Alma Ata.

Fellow yang ditugaskan di kampus Alma Ata akan membantu Dosen Bahasa Inggris Universitas Alma Ata dan ALTC (Alma Ata Language Training Center) sebagai English Lecture Assistant (Asisten Dosen Bahasa Inggris) dalam rangka meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa Universitas Alma Ata terutama keahlian speaking (berbicara) dan beberapa unit kegiatan mahasiswa seperti English Club dan UKM debat Bahasa Inggris.

Disamping itu, Universitas Alma Ata, berkoordinasi dengan VIA telah mendesain berbagai kegiatan yang dapat dilakukan fellow selama di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah untuk memberikan pengalaman dan membuka wawasan baru bagi fellow terkait budaya Islam dan pondok pesantren.

Kerjasama berkelanjutan antara Universitas Alma Ata dan VIA ini diharapkan mampu menabah daya saing Universitas Alma Ata dalam berkompetisi secara global sesuai visi dan misinya.

29,505 kali dilihat, 60 kali dilihat hari ini