Universitas Alma Ata Menggelorakan Inovasi

Universitas Alma Ata Menggelorakan Inovasi

Di bulan Agustus ada hari yang akan diperingati untuk mengenang hari penting di saat itu. Selain hari kemerdekaan Republik Indonesia yang sering diperingati di tanggal 17 Agustus yang menginjak ke -72, ada hari yang akan diperingati di tanggal 10 Agustus. Hari penting apa yang akan diperingati setiap tanggal 10 Agustus?

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana  pesawat terbang  N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa negara kita telah berhasil mengembangkan teknologi yang inovatif. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran seluruh komponen bangsa terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Kegiatan Peringatan Hakteknas ke-22 akan dipusatkan di Sulawesi Selatan. Pemilihan tempat ini diumumkan saat ekspos rangkaian kegiatan peringatan Hakteknas ke-22 tahun 2017 pada tanggal 25 April 2017 oleh Menristekdikti Mohamad Nasir di Gedung II Lapangan Upacara BPPT. Dan upacara peluncuran rangkaian kegiatan memperingati Hakteknas ke-22 tahun 2017 dilaksanakan di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Pelabuhan Paotere Makassar pada tanggal 16 Juni 2017.

Direktur Jenderal Penguatan inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jumain Appe sekaligus ketua panitia menerangkan, peringatan tersebut dinilai lebih istimewa dan bernilai sejarah. Dimana kegiatan peringatan hakteknas sebelumnya selalu diperingati di pulau Jawa, yang ke-21 diselenggarakan di Kota Solo. Dan juga menyampaikan peringatan ke-22 dilaksanakan di Sulawesi Selatan dengan beberapa pertimbangan:

  1. Terkait erat dengan tema yang diusung yakni Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan, peran SDM, dan inovasi.
  2. Sulawesi Selatan merupakan pintu gerbang kawasan timur indonesia dan daerah pembangunan kawasan timur.
  3. Sulawesi Selatan dipilih karena karakteristik wilayah garis pantai terpanjang dengan pelabuhan perikanan, logistik dan penumpang yang dianggap cukup besar.

Menristekdikti Mohamad Nasir juga menyampaikan alasannya kenapa Makassar dipilih, karena merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Kemenristekdikti juga hendak mendorong munculnya berbagai inovasi dari daerah. “Dalam hal ini kenapa Makassar, dulu Hakteknas selalu diselenggarakan di Jakarta. Ternyata hal ini tidak bisa menyentuh inventor dari daerah. Tahun lalu Harteknas ke-21 kita laksanakan di Surakarta. Alhamdulillah perguruan tinggi daerah banyak menyampaikan hasil inovasinya. Makanya kita laksanakan di Makassar untuk membangun dan memunculkan inovasi dari daerah serta sesuai dengan tema kali ini, yaitu bidang kemaritiman,” ucapnya.

Dihalaman web Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (http://ristekdikti.go.id/agenda/hakteknas-ke-22-tahun-2017/) sudah mempublikasi agenda peringatan Hakteknas ke-22 yang bertema pembangunan maritim berbasis pengetahuan, dengan subtema peran SDM dan inovasi dalam pembangunan maritim Indonesia. Pemilihan tema itu dilakukan berdasarkan visi pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Nasir mengatakan ada 4 hal yang menjadi fokus pembangunan maritim di Indonesia, yaitu

  1. penguatan kedaulatan maritim,
  2. pengelolaan SDA secara mandiri dan berkelanjutan,
  3. pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu,
  4. pengembangan SDM, iptek, dan budaya maritim

Akan ada dua prioritas dalam fokus riset ke depan, yakni prioritas riset nasional dan prioritas riset bidang fokus. Untuk prioritas riset nasional akan difokuskan kepada tiga fokus, yaitu makanan, energi, dan air. Sedangkan prioritas riset bidang fokus terdiri dari tujuh bidang fokus, yaitu teknologi pangan, informasi dan komunikasi, energi, kesehatan dan obat, transportasi, hankam, dan material maju. Oleh sebab itu Universitas Alma Ata Yogyakarta akan melalui Program Studi Ilmu Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer akan konsen pada penelitian tersebut khususnya di bidang informasi dan komunikasi.

1,807 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini