Siapkan Kehamilan dan Persalinan Sehat dengan Senam Hamil

Siapkan Kehamilan dan Persalinan Sehat dengan Senam Hamil

Kehamilan merupakan episode dramatis terhadap kondisi biologis, perubahan psikologis dan adaptasi dari seorang wanita yang pernah mengalaminya. Sebagian besar kaum wanita menganggap bahwa kehamilan adalah kodrat yang harus dilalui tetapi sebagian lagi menggapnya, sebagai peristiwa yang menetukan kebidupan selanjutnya. Setiap wanita akan mengalami perubahan atau adaptasi yang berbeda beda. Ibu hamil cenderung akan lebih sensitif dan memerlukan teman untuk berbagi pengalaman. Berangkat dari hal tersebut Dosen Prodi DIII Kebidanan Sundari Mulyaningsih, M.Kes, Oktaviana Maharani M.Kes, dan Ratih devi Alfiana M.Keb serta Himpunan Mahasiswa Bidan Universitas Alma Ata bekerja sama dengan Klinik Pratama Bina Sehat mengadakan kelas Ibu Hamil dengan tema “Sharing and Caring to be Health Pregnancy”  pada hari Kamis, 09 Agustus 2018.

Dalam acara ini Dosen Prodi DIII Kebidanan Sundari Mulyaningsih, M.Kes, Oktaviana Maharani M.Kes, dan Ratih devi Alfiana M.Keb bidan Wiwik Dwi Prapti , SST mengadakan kelas Ibu hamil serta sharing berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait adaptasi kehamilan , ketidaknyamanan kehamilan serta tips mengatasi. Sasaran kegiatan ini adalah ibu hamil TM III di sekitar wilayah Klinik pratama Bina Sehat, Kasihan Bantul  Kegiatan kelas ibu hamil ini bertujuan agar ibu dapat menyiapkan dan mengatasi sejak dini perubahan fiisik dan mental menjelang kelahiran bayi serta menghadapi masa nifas. Menurut Kepala Klinik Bidan Wiwik Dwi Prapti dengan adanya kelas ibu hamil , ibu menjadi lebih merasa siap kondisi fisik dan mentalnya ketika menghadapi persalinan sehingga trauma persalinan dapat dihindari.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan pembagian PMT ibu hamil serta buku saku Tips cantik Menghadapi Masa Nifas oleh Himpunan Mahasiswa Bidan Alma Ata.