Seminar Nasional Informatika Medis UII – UAA 2018

Seminar Nasional Informatika Medis UII – UAA 2018

Yogyakarta – Seminar Nasional Informatika Medis atau biasa disebut SNIMed merupakan seminar yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Program Studi Magister Teknik Informatikam konsentrasi Informatika Medis Universitas Islam Indonesia (UII). Namun pada tahun ini ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya, yaitu SNIMed 2018 diselenggarakan dengan dukungan dari Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda, Tegal dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Alma Ata (UAA). Seminar ini merupakan langkah awal bagi kedua universitas dalam meneruskan MoU yang sudah ditandatangani sebelumnya.

Seminar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 November 2018 bertempat di Auditorium Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (UII) dengan mengangkat tema yaitu “Dukungan Teknologi Informasi untuk Pemecahan Masalah di Bidang Kesehatan dan Gizi”.

  

SNIMed 2018 menghadirkan empat keynote speaker, diantaranya Prof. dr. H. Hamam Hadi, MS., Sc.D., Sp.GK, Rektor Universitas Alma Ata (UAA) dengan judul materi “Peran ICT Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu & Anak, dan Gizi di Indonesia”. Ada beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari materi beliau, diantaranya:

  • Kesehatan gizi ibu & anak masih menjadi PR besar
  • Factor ibu dan orang tua anak merupakan salah satu factor penting
  • Paktor provider juga tidak kalah penting
  • ICT diharapkan bisa menjembatani;

Selanjutnya juga menghadirkan Boga Hardhana, S.Si., MM., dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan; Dr Sri Kusumadewi, S.Si., M.T., dosen Magister Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (UII); Dewi Susilo, S.Gz., ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda Tegal, Jawa Tengah. Tujuan dari seminar ini adalah memberikan pengetahuan tentang aplikasi teknologi informasi dan komunikasi dalam membantu pemecahan masalah di bidang kesehatan, gizi, dan nutrisi.

4,106 kali dilihat, 59 kali dilihat hari ini