Sehat Fisik dan Siap Mental menjelang Masa Nifas

Sehat Fisik dan Siap Mental menjelang Masa Nifas

Sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi, Prodi D III Kebidanan Universitas Alma Ata beserta Himpunan Mahasiswa Bidan Universitas Alma Ata mengadakan kegiatan Pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk penyuluhan kesehatan pada 30 orang ibu hamil. Penyuluhan kesehatan yang diberikan berupa penyuluhan kesehatan tentang sehat fisik dan siap mental sebagai upaya deteksi dan antisipasi dini post partum blues saat masa nifas pada kelompok ibu hamil di Praktik Bidan Mandiri Hj.Sri Marwanti SST berlokasi di Kauman, Gilangharjo, Pandak, Bantul hari Minggu, 29 Juli 2018.

Kehamilan merupakan episode dramatis terhadap kondisi biologis, perubahan psikologis dan adaptasi dari seorang wanita yang pernah mengalaminya. Sebagian besar kaum wanita menganggap bahwa kehamilan adalah kodrat yang harus dilalui tetapi sebagian lagi menggapnya, sebagai peristiwa yang menetukan kebidupan selanjutnya.

Perubahan fisik dan emosional yang komplek, memerlukan adaptasi terhadap penyesuaian pola hidup dengan proses kehamilan yang terjadi. Beberapa penyesuaian dibutuhkan oleh wanita dalam mengahadapi aktivitas dan peran barunya sebagai ibu pada minggu-minggu atau bulan-bulan pertama setelah melahirkan, baik tetapi sebagian lainnya tidak berhasil menyesuaikan diri dan mengalami gangguan-gangguan psikologis dengan berbagai gejala atau sindroma yang oleh para peneliti dan klinisi disebut post-partum blues.

Post-partum blues (PPB) atau serig juga disebut maternity blues atau baby blues dimengerti sebagai suatu sindroma gangguan efek ringan yang sering tampak dalam minggu pertama setelh persalinan dan ditandai dengan gejala-gejala seperti: reaksi deprsi/sedih/disforia, menangis, mudah tersinggung (iritabilitas), cemas, labilitas perasaan, cenderung menyalahkan diri sendiri , gangguan tidur dan gangguan nafsu makan. Post partum blues yang berlanjut menjadi depresi post partum akan sangat mengganggu tumbuh kembang bayi serta proses laktasi.

Dalam acara penyuluhan ini Himpunan Mahasiswa Bidan serta bidan Sri Marwanti, SST dan pembimbing Febrina Suci Hati MPH mengadakan kelas Ibu hamil serta sharing berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait deteksi dini dan antisipasi post partum blues saat masa nifas. Sasaran kegiatan ini adalah ibu hamil TM III di sekitar wilayah Praktik Bidan Mandiri Hj.Sri Marwanti SST Kauman , Gilangharjo, Pandak, Bantul. Kegiatan kelas ibu hamil ini bertujuan agar ibu dapat menyiapkan sejak dini perubahan fiisik dan mental menjelang kelahiran bayi serta menghadapi masa nifas. Sehingga dengan menyiapkan dan mengantisipasi sejak dini ibu nifas terhindar dari resiko yang akan terjadi jika post partum blues berlanjut.

 

14,958 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini