Profil Sarjana Teknik Informatika

SEPUTAR PROKDI TEKNIK INFORMATIKA

 

Visi & Misi

Visi & Misi

Visi Misi Teknik Informatika

Beasiswa

Beasiswa

Beasiswa Siswa Berprestasi

Dosen

Dosen

Dosen

Kurikulum

Kurikulum

Kulikulum Teknik Informatika

Program

Program

Program Pilihan Teknik Informatika

Karir

Karir

Karir Bidang Teknik Informatika

Mengapa Memilih Teknik Informatika?


Di era global-digital sekarang, informasi merupakan aset yang sangat berharga dalam meningkatkan operasi yang efisien dan manajemen yang efektif dari perusahaan, atau lembaga organisasi lainnya.Sebagai contoh, banyak perusahaan atau organisasi yang menggunakan informasi berbasis komputer tentang kinerja, pangsa pasar, dan lingkup konsumen mereka untuk membantu merancang pemasaran.

Kenyataan inilah yang memacu negara seperti India, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan lain – lain menyediakan jasanya baik dalam bentuk pembuatan aplikasi siap pakai, maupun yang bersifat jasa customization. Tantangan terbesar yang dihadapi oleh para profesional software engineering di Indonesia adalah kemampuannya membuat perangkat lunak aplikasi yang memenuhi standar kualitas international best practices.

Bisnis yang menjadi primadona dalam industri perangkat lunak saat ini adalah outsourcing pembuatan modul – modul software pesanan negara ke negara – negara Asia. Mereka mengirimkan technical requirements dan technical designnya, sedang pembuatan modul programnya dilakukan di perusahaan Asia. Hal ini dilakukan tidak saja melihat karena tenaga kerja yang lebih murah, tetapi juga lebih produktif.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia senantiasa berkembang dengan pesat. Keberadaan TIK telah mentransformasi kehidupan manusia sebagai motor penggerak perkembangan jaman di segala aspek kehidupan manusia. Bahkan di beberapa negara memaksimalkan peran TIK guna memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan serta kemajuan masyarakatnya.

Saat ini, sebagian besar perusahaan di Indonesia, menggunakan paket perangkat lunak aplikasi siap pakai yang dibuat oleh perusahaan besar seperti Microsoft, Mac, Sun Microsystem, Oracle, dan sebagainya maupun yang tailor – made (dilakukan oleh perusahaan konsultan asing). Namun demikian peluang untuk mengembangkannya masih terbuka lebar, karena 100 produk perangkat lunak terbaik hanya mengisi tidak lebih dari 45% total pasar dunia.

Hanya saja, untuk dapat mengimbangi perkembangan TIK memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kompetensi dan pengetahuan tentang TIK. Tingkat kemampuan dan pengetahuan SDM Indonesia tentang TIK akansangat menentukan kemampuan daya saing di masyarakat global, tidak hanya perusahaan multi-enterprises tapi juga hingga unit usaha masyarakat kecil menengah (UMKM).



1,564 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini