Prodi Teknik Informatika

Tentang Informatika UAA

Visi

Pada tahun 2035, Program Studi Teknik Informatika Alma Ata menjadi program studi yang unggul, mandiri, dan mampu menghasilkan profesional dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai ajaran Islam, mengabdi untuk kepentingan umat.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi) bidang farmasi yang bermutu tinggi, Islami, dan berorientasi kepada kepentingan umat.
  2. Mengembangkan sistem dan atmosfer akademik yang kondusif bagi terselenggaranya Tridharma perguruan tinggi melalui pengembangan sarana-prasarana akademik,sumberdaya manusia dan tata kelola Universitas yang baik (good university governance)secara bertahap dan berkesinambungan.

Tujuan

  1. Menjadi Program Studi Teknik Informatika yang unggul, Islami, dan berorientasi pada kepentingan umat.
  2. Menjadi Program Studi Teknik Informatika yang mandiri dan mempunyai tata-kelola yang baik.
  3. Menghasilkan praktisi dan ahli Teknik Informatika yang profesional, berdaya saing dan berdaya juang yang tinggi, bervisi global dan berakhlak mulia.
PROFILDESKRIPSI
Programer (ProgrammerOrang yang mempunyai kemampuan untuk membuat atau memperbaiki sebuah software dari sistem yang ada serta menghasilkan perangkat lunak yang memberikan layanan kepada perangkat keras komputer.
Database Administrator (DBA)Orang yang mampu membuat desain basis data dan dapat mengimplemetasikannya serta mampu melakukan instalasi, konfigurasi, upgrade, adaptasi, monitoring, dan maintenance basis data dalam suatu organisasi.
Administrator Jaringan (Network Service Supervisor)Orang yang mampu melakukan pengawasan semua kegiatan yang berkaitan dengan instalasi dan pelayanan peralatan yang terkait deangan data dan perangkat komputer.
Pengembang Perangkat Lunak (Software Engineer)Orang yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam mendesain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak dan sistem yang membuat komputer.

Selama kuliah di prodi Teknik Informatika  Universitas Alma Ata , anda akan menempuh minimal 144 SKS mata kuliah. Pada semester 5 anda boleh memilih bidang minat sesuai passion atau cita-cita anda. Ada 3 bidang minat yang kami tawarkan yaitu:

  1. Sistem Cerdas. Bidang ini membekali mahasiswa supaya mampu mengembangkan sistem yang berbasis algoritma/ metode kecerdasan buatan. Misalnya pengenalan suara, pencarian jarak/jalur terdekat, game cerdas, pengenalan wajah, biometrik dll.
  2. Jaringan Komputer. Bidang ini membekali mahasiswa supaya menjadi ahli dibidang jaringan komputer, mulai dari merancang sistem jaringan, mengembangkan security jaringan, membangun dan mengelola jaringan, dll.
  3. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). RPL  membekali mahasiswa supaya mampu menjadi ahli perancang sistem informasi, analis sistem, programmer (sistem desktop atau web), atau pengembang sistem.

Lulusan Teknik Informatika bisa bekerja sebagai:

  1. Programmer sistem ( Baik desktop maupun Mobile)
  2. Pembuat aplikasi game
  3. Web programmer
  4. Web desainer
  5. Admin web
  6. Database administrator yang bekerja sebagai pengelola basis data.
  7. Ahli jaringan komputer
  8. Ahli security sistem
  9. Dosen/ Guru IT
  10. Analis sistem
  11. Kepala project IT
  12. Entry data processing

Dll.

HUT RI 72