Prodi PGMI dan PAI UAA Laksanakan Pembekalan KKN PPL

Prodi PGMI dan PAI UAA Laksanakan Pembekalan KKN PPL

Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Alma Ata (UAA) melaksanakan pembekalan peserta KKN PPL tahun 2017 yang dilakasanakan di Hall Kampus UAA pada Rabu, 19 Juli 2017.

Pelaksanaan KKN PPL UAA tahun ini melibatkan 52 mahasiswa, yaitu 36 mahasiswa dari Prodi PAI dan 16 mahasiswa dari Prodi PGMI. “Sebelum mahasiswa akan diterjunkan untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari selama  enam semester di Universitas Alma Ata, kami memberikan pembekalan tentang bagaimana menjadi bagian dalam sistim pembelajaran yang sesungguhnya di lapangan.” Kata Ahmad Salim, M.Pd. Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam, UAA dalam sambutannya.

Sebanyak 8 sekolah mulai dari tingkat SD/MI sampai dengan akan SMA/MA dilibatkan sebagai mitra pelaksanaan KKN PPL tahun ini. Prodi PGMI menggandeng MI Ma’arif Garongan di Kulon Progo, MIN 2 Bantul, dan MI Tanwirul Huda Majenang, Cilacap. Sementara itu, prodi PAI menggandeng 5 sekolah setingkat SMP/MTS dan SMA/MA yaitu SMAN Sewon, MAN 2 Kulon Progo, SMK Alma Ata, SMP Alma Ata, dan MTs SA Tanwirul Huda Majenang. Salim mengatakan, “Pembekalan penting untuk mahasiswa. Pengenalan kehidupan persekolahan dan pembelajaran, kode etik guru dan keguruan, penyusunan dan pelaksanaan program KKN PPL adalah 3 agenda besar yang harus diketahui oleh mahasiswa”.

Pelaksanaan KKN PPL akan dilaksanakan dalam 2 bulan dengan didahului dengan pembekalan, penyerahan pada tanggal 20 – 25 juli 2017, Observasi dan penyerahan peserta KKN sebelum akhirnya ditarik dari lapangan pada 26-30 September 2017.

Berbagai kegiatan akan dilakukan oleh mahasiswa mencakup 3 kegiatan besar yaitu kegiatan pembelajaran, persekolahan dan pengabdian. Kegiatan pembelajaran mencakup observasi, persiapan dan praktik pembelajaran. Kegiatan persekolahan mencakup administrasi dan perpustakaan sementara itu kegiatan pengabdian mencakup pengembangan lembaga, SDM, kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan fisik.

Dengan menempuh kegiatan KKN PPL ini mahasiswa diharapkan mampu membantu memberikan sumbangsih terhadap pengembangan proses pembelajaran, persekolahan dan memaksimalkan pengabdian. “Kegaiatan ini, pada akhirnya, diharapkan diharapkan mampu mendekatkan mahasiswa dengan lingkungan kerjanya kelak dengan memberikan pengalama yang nyata.” Kata Salim menutup sambutanya.

31,750 kali dilihat, 74 kali dilihat hari ini