Prodi Pendidikan Matematika UAA Menyelenggaran Seminar “ETNOMATNESIA”

Prodi Pendidikan Matematika UAA Menyelenggaran Seminar “ETNOMATNESIA”

Etnomatnesia salah satu kajian yang sedang tren di dunia pendidikan matematika. Dimana pembelajaran matematika tidak hanya sebatas teori yang berhubungan angka dan logika. Tapi matematika juga erat dan berhubungan dengan budaya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, banyak sekali unsur-unsur budaya yang mengandung unsur matematika seperti batik, permaian tradisional, candi, bahkan makanan tradisional. Etnomatnesia sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia karena mengajarkan matematika melalui budaya daerah dimana siswa tinggal. Sehingga matematika menjadi dekat dan disukai oleh siswa.

Hal ini disampaikan oleh Ahmad Anis Abdullah, M.Sc pada acara seminar pendidikan matematika dan silaturahmi IKAHIMATIKA Indonesia Subwil DIY-Purworejo yang diadakan di Universitas Alma Ata (UAA), jum at (19/1). Acara tersebut diikuti oleh perwakilan dari himpunan mahasiswa matematika (Himatika) yang ada di perguruan tinggi negeri dan swasta se DIY-Purworejo. Acara perdana yang diadakan pengurus IKAHIMATIKA DIY-Purworejo mendapat antusias yang luar biasa dari mahasiswa pendidikan matematika maupun matematika di DIY dan Purworejo.

Kaprodi Pendidikan Matematika UAA, Rino Richardo, M.Pd, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada peserta karena antusiasnya yang luar biasa. Beliau juga menekankan pentingnya berorganisasi bagi mahasiswa sebagai bekal untuk terjun di masyarakat maupun dunia kerja. Dengan diadakan forum silaturahmi ini, diharapkan mahasiswa mampu berjejaring dan bekerja sama tidakhanya lintas prodi tetapi juga lintas perguruan tinggi sehingga mampu bersinergi untuk memajukan pendidikan matematika Indonesia.
Forum silaturahmi IKAHIMATIKA ini diakhiri dengan acara ramah tamah yang diisi dengan perkenalan pengurus dan anggota dari masing-masing perguruan tinggi, serta sharing pengalaman dan bertukar pikiran untuk kemajuan IKAHIMATIKA khususnya di DIY-Purworejo. Acara ramah tamah yang digelar secara lesehan di area Kantin UAA ini berjalan meriah dengan canda dan tawa. Peserta terlihat antusias mengikuti game-game yang telah dipersiapkan oleh panitia.

1,848 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini