Prodi Matematika Alma Ata Gelar Seminar Bersama Prof. Allan. L. White

Prodi Matematika Alma Ata Gelar Seminar Bersama Prof. Allan. L. White

Berlangsung semarak dan meriah, Prodi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata sukses mengelar Seminar Pendidikan Matematika dengan pemateri Prof Allan L White dari University of Western Sydney, Austalia dan Dr. Wahyudi Direktur South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Center for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Mathematics (SEAQiM) pada hari Senin, 23 Juli 2018 di Ruang Teater Universitas Alma Ata.

Seminar yang mengangkat tema ”Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0” dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari dosen, guru, dan mahasiswa dari berbagai Universitas. Rektor UAA, Prof Dr H Hamam Hadi, MS, ScD,SpGK dalam sambutannya mengatakan saat ini sudah memasuki revolusi industri 4.0. Kondisi ini ditandai dengan adanya perubahan segala sesuatu sangat cepat. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi. Beliau juga menambahkan bahwa pendidikan di era industri 4.0 harus mampu menyiapkan anak didik menghadapi tiga hal. Pertama, menyiapkan anak untuk bisa bekerja yang pekerjaannya saat ini belum ada. Kedua, menyiapkan anak untuk bisa menyelesaikan masalah yang masalahnya saat ini belum muncul. Ketiga, menyiapkan anak untuk bisa menggunakan teknologi yang sekarang teknologinya belum ditemukan.

Prof Allan L White dalam paparan materinya menyampaikan bahwa pembelajaran matematika harus mampu membuat siswa menjadi tertantang untuk menyelesaikan pelajaran. Pembelajaran matematika yang menyenangkan tidak bisa diartikan mudah tanpa tantangan, tetapi pembelajaran matematika yang menyenangkan adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa tertantang dan berhasil menyelesaikan tantangan tersebut dengan bahagia.

Sementara itu, Dr Wahyudi menguatkan dengan pentingnya rasa cinta seorang guru kepada murid untuk memberikan model pembelajaran terbaik bagi siswanya, dan tidak kenal lelah ketika siswanya belum bisa. Guru harus mampu memotivasi siswa untuk selalu bersemangat dalam melakukan tantangan-tantangan yang ada pada pembelajaran matematika.

Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangani memorandum of understanding (MoU) antara UAA dan (SEAQiM). Penandatangan MoU dilakukan Prof Dr H Hamam Hadi, MS, ScD,SpGK dan Direktur SEAQiM, Dr Wahyudi. Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa prodi pendidikan matematika UAA melalui pelatihan, workshop, dan pakar ahli dari luar negeri.

16,289 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini