Perkuliahan Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dengan Bank Syariah Mandiri

Perkuliahan Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dengan Bank Syariah Mandiri

psy

Untuk memperkaya dan memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang perbankan, prodi perbankan syariah Alma Ata menyelenggarakan perkuliah dengan nara sumber dari Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Utama Jawa Tengah di Semarang, perkuliahan ini berlangsung pada hari kamis tanggal 3 Desember 2015, dengan materi perkuliahan yang dibahas adalah Manajemen Pembiayaan, Produk Perbankan Syariah, dan pengembangan karir di Perbankan. Menjadi nara sumber dalam perkuliahan tersebut, Branch Manager Bank Syariah Kantor Cabang Utama Jawa Tengah, Bapak Heri Suhendro, Marketing Manager Bapak Ata, Manager Operational Ibu Santi.

Dijelaskan oleh Branch Manager Bank Syariah Mandiri, bahwa BSM memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan perbankan syariah di Indonesia, oleh karena itu diharapkan Mahasiswa Perbankan Syariah Alma Ata dapat menjadi SDM perbankan yang unggul, yang mampu mengisi kebutuhan tenaga kerja perbankan syariah yang cukup banyak. Disamping itu BSM juga mendukung upaya prodi perbankan Syariah untuk mengembangkan Ilmu dan pengetahuan perbankan syariah kepada masyarakat.

psy3

Selanjutnya penjelasan materi manajemen pembiayaan dan produk perbankan syariah di BSM, disampaikan oleh Manager Marketing, beliau menyampaikan proses pembiayaan yang diajukan oleh nasabah BSM, dari awal hingga pembiayaan itu disetujui, materi pembiayaan yang disampaikan sesuai dengan teorisasi yang diperoleh mahasiswa di kampus, sehingga mahasiswa sangat mudah utnuk memahami materi tersebut, demikian pula dengan materi produk perbankan syariah, diberikan dengan contoh produk – produk yang terdapat di BSM.

Sedangkan pengembangan SDM dan Karir di BSM, disampaikan oleh Manager Operational Ibu Santi, disampaikan dalam perkuliahan bahwa mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Alma Ata harus berupaya terus mengembangkan diri untuk memasuki industry perbankan, sebagai contoh, upaya untuk memperbaiki performance diri, agar dalam mengikuti interview mampu memberikan kesan yang baik, percaya diri, dan mampu menjawab pertanyaan dengan jelas. Disampaikan pula bahwa kebutuhan SDM Perbankan Syariah masih cukup besar, karena selama ini SDM Perbankan Syariah banyak diisi oleh tenaga kerja dari perbankan konvensional, disamping itu jenjang karir di industry perbankan memberikan kompensasi yang menarik, dimulai dari operasional staf, manager unit, dan manager puncak, semuanya memberikan grade penghasilan yang memuaskan. Oleh karena itu diharapkan mahasiswa prodi Perbankan Syariah Alma Ata untuk lebih serius menekuni profesi menjadi tenaga kerja perbankan, karena profesi ini memberikan masa depan yang lebih baik.

Diakhir perkuliahan disampaikan kesan dan pesan dari mahasiswa dan nara sumber, serta penyerahan Vandel Alma Ata kepada salah satu pimpinan di BSM.

psy7

Selanjutnya mahasiswa berkesempatan mengunjungi obyek wisata bersejarah yaitu Lawang Sewu, dan Situs peninggalan sejarah penyebaran Agama Islam oleh Laksamana Cheng Ho di Semarang

Program Perkuliahan ini selanjutnya akan diadakan, dengan kualitas yang terus ditingkatkan dan melibatkan banyak narasumber dari perbankan dan industry lainnya yang professional dan relevan dengan program studi perbankan syariah Alma Ata, sehingga pemahaman mahasiswa akan profesi perbankan dan profesi di industry lainnya akan semakin luas, dan sesuai dengan perkembangan jaman.

4,449 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini