Scientific Meeting Fakultas Ilmu Komputer UAA : Penggunaan Aplikasi Mendeley

Scientific Meeting Fakultas Ilmu Komputer UAA : Penggunaan Aplikasi Mendeley

Scientific Meeting Fakultas Ilmu Komputer UAA : Penggunaan Aplikasi Mendeley

YOGYAKARTA – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Alma Ata (FIK-UAA) menyelenggarakan pertemuan ilmiah (scientific meeting) dengan tema “Pengelolaan Referensi dan Kolaborasi Akademik dengan Mendeley”, Jumat (11/08/2017). Pertemuan ilmiah ini dihadiri oleh seluruh dosen FIK-UAA dan kour P2M (penelitian dan pengabdian masyarakat) prodi di lingkungan Universitas Alma Ata. Sebagai pemateri Yanuar Wicaksono, S.Kom, M.Kom (Ketua Program Studi Ilmu Sistem Informasi), mengatakan “Kegiatan ini sebagai wadah berbagai ilmu dalam meningkatkan sistematika penulisan ilmiah yang ditekankan dalam pengelolaan referensi dan kolaborasi akademik”.

Pada dasarnya dosen mempunyai kewajiban dalam melaksanakan penelitian dan harus dipublikasikan salah satunya dalam betuk tulisan ilmiah, tetapi dalam mengelola referensi masih menggunakan metode manual,” lanjut Yanuar. Pengertian lain dari manual adalah masih terpisah antara berkas referensi dan penulisannya.

Kendala yang sering dihadapi adalah ketika penulisan format sitasi yang diminta oleh tim editor jurnal berbeda dengan apa yang telah ditulis oleh peneliti, maka penulis sering kesulitan untuk mengubah format sitasinya dan harus menulis ulang satu persatu. Dalam penulisan ilmiah masing-masing jurnal memiliki format yang berbeda. Kesesuaian format menjadi point utama untuk diterimanya artikel, sebelum diperiksanya konten penelitian.

Begitu banyak software reference atau citation manager yang ada, tetapi Reference atau citation manager yang direkomendaskan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DIKTI adalah Mendeley seperti tertuang dalam Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah tahun 2014. Selain efektif membantu penulis dalam pengelolaan referensi secara otomatis, Mendeley ini juga free software bisa diunduh (mendeley.com).

Mendeley terdapat dua versi yakni Desktop dan Web, untuk Dekstop mengekstraksi referensi dan metadata otomatis dari file pdf. Mendeley Web sebagai jejaring sosial serta mesin pencari referensi akademik yang dapat mengkolaborasikan hasil penelitian yang kita miliki. Mendeley dapat menyimpan semua data sitasi di server beserta dokumen dalam bentuk PDF ful-text, menggratiskan kapasitas penyimpanan online sebanyak 2 GB.