Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Rencana Induk Penelitian (Roadmap Penelitian)
Program Studi Profesi Ners
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alama Ata Yogyakarta

Gambaran Umum

Penelitian Prodi Profesi Ners mengacu pada Rencana Induk Penelitian (RIP) Perguruan Tinggi yang bertema ”Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia Melalui Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi”. RIP Perguruan Tinggi terbagi dalam 3 bidang unggulan penelitian yang meliputi Kesehatan, Pendidikan, dan Ekonomi Rakyat, dimana Prodi Profesi Ners fokus pada bidang kesehatan sesuai dengan bidang keilmuannya. Peta jalan (roadmap) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Prodi Profesi Ners tertuang dalam RIP Prodi yang disusun untuk jangka waktu 5 tahun (2014-2015). Pada RIP tersebut tertulis perencanaan topik penelitian, area penelitian, strategi pencapaian, serta indikator keberhasilan pelaksanaan penelitian.

Domain Penelitian

Berdasarkan RIP Prodi Profesi Ners yang sudah ada, maka rencana penelitian dan pengabdian masyarakat dibagi menjadi dua domain yaitu :

Maternal and Child Health Nursing (MCHN)

Masalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang perlu mendapat perhatian yang lebih, karena mempunyai dampak yang besar terhadap pembangunan di bidang kesehatan. Salah satu tujuan pembangunan nasional adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas agar mereka dapat melanjutkan perjuangan pembangunan nasional untuk menuju keluarga sejahtera, adil dan makmur. Target Tujuan Pembangunan Millenium atau Millennium Development Goals (MDGs) pada tahun 2015 adalah upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia khususnya dibidang kesehatan yang berfokus pada mendorong perbaikan kesehatan anak dan ibu melahirkan melalui percepatan penurunan angka kematian anak (untuk Bayi dan Balita) dan penurunan angka kematian ibu (AKI). Sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak, Prodi Ners berkomitmen melaksanakan dan mengembangkan Penelitian/Riset di bidang Maternal and Child Health Nursing, sebagai evidence based practice untuk meningkatkan mutu pendidikan keperawatan.

Aging and Non-Communication Diseases (A-NCD)

Keberhasilan pembangunan adalah cita-cita suatu bangsa yang terlihat dari peningkatan taraf hidup dan Umur Harapan Hidup (UHH)/Angka Harapan Hidup (AHH). Namun peningkatan UHH ini dapat mengakibatkan terjadinya transisi epidemiologi dalam bidang kesehatan akibat meningkatnya jumlah angka kesakitan karena penyakit degeneratif. Perubahan struktur demografi ini diakibatkan oleh peningkatan populasi lanjut usia (lansia) dengan menurunnya angka kematian serta penurunan jumlah kelahiran. Penyakit Tidak Menular adalah penyakit degenerative karena erhubungan dengan proses degenerasi (ketuaan). Selain ituPenyakit Tidak Menular disebut juganew communicable diseasekarena dianggap dapat menular melalui gaya hidupdimana gaya hidup dapat menyangkut pola makan, kehidupan seksual dan komunikasi global. Inti atau substansi dalam epidemiologi penyakit tidak menular adalah ditemukannya penyebab dalam hal ini atau yang dipakai adalah istilah ditemukannya faktor resiko sebagai faktor penyebab.Prodi Ners berkomitmen melaksanakan dan mengembangkan Penelitian/Riset di bidang Penanggulangan penyakit tidak menular dan kesehatan lanjut usia (lansia), sebagai evidence based practice untuk meningkatkan mutu pendidikan keperawatan.

A. Pemetaan Isu Strategis, Konsep Pemikiran, Pemecahan Masalah dan Topik Penelitian

  1. Roadmap Penelitian MCHN

    Isu Strategis Konsep Pemikiran Pemecahan Masalah Topik Penelitian
    Jumlah angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi dan belum mencapai MDG. Resiko tinggi terhadap kesehatan anak pada 1000 hr kehidupan. Kesehatan ibu dan anak menjadi perhatian utama pemerintah. 1. Penurunan angka kesakitan dan angka kematian ibu dan anak 1. Peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak
    2. Promosi kesehatan terhadap kesehatan ibu sejak hamil sampai selesai melahirkan 2. 1000 hari kehidupan anak
    3. Meningkatkan layanan kesehatan ibu dan anak di rumah sakit dan komunitas
    4. Meningkatkan kesehatan reproduksi

     

  2. Roadmap Penelitian AGEING & NON-COMMUNICABLE DISEASES

    Isu Strategis Konsep Pemikiran Pemecahan Masalah Topik Penelitian
    Peningkatan jumlah lansia yang cukup tinggi di Indonesia dan Yogyakarta menempati urutan pertama Lansia merupakan kelompok umur dengan resiko kesakitan yang tinggi 1. Meningkatkan kualitas layanan kesehatan pada lansia 1. Pelayanan kesehatan lansia (institusional dan komunitas)
    2. Meningkatkan kualitas hidup lansia 2. Lansia sehat, aktif, dan produktif
    3. Melakukan promosi kesehatan yang efektif untuk golongan usia lanjut 3. Promosi kesehatan pada lansia
    4. Kebijakan pemerintah terhadap keperawatan lansia
    5. System keperawatan lansia
    Perubahan gaya hidup di masyarakat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit tidak menular dengan fenomena penyakit tidak menular terjadi pada usia yang lebih muda Melalui intervensi, modifikasi dan evaluasi secara terintegrasi dari lintas sektor terhadap gaya hidup maka resiko peningkatan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tidak menular akan menurun dan pada saat fase lanjut usia akan tercapai peningkatan kualitas hidup 1. Perbaikan gaya hidup masyarakat 1. Perubahan demografi dan derajat kesehatan masyarakat
    2. Promosi kesehatan yang terintegrasi lintas sector 2. Perubahan gaya hidup masyarakat dan faktor determinan
    3. Tingkat kesakitan, kematian dan asuransi kesehatan di Indonesia
    4. Promosi kesehatan lintas sector untuk penanggulangan penyakit tidak menular
    5. Kebijakan pemerintah terhadap upaya promosi kesehatan penyakit tidak menular

Penelitian & Publikasi Prodi Ners

Factor Relating Physical Activity Among Older People with Hypertension in Bantul, Indonesia.

  • Masalah aktifitas fisik secara umum di Indonesia masih belum memenuhi standar World Health Organisation (WHO). Secara teori faktor determinan terjadinya physical inactivity sangat banyak. Penelitian ini untuk mengetahui dan menyelesaikan masalah ketidak aktifan fisik pada golongan umur lanjut usia yang secara spesifik dilakukan di Kabupaten bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian telah di presentasikan di International Nursing Conference di Thailand dan publikasikan di International Proceeding of Behavioral and Social Sciences.

Palliative Care For Older People Within Indonesia Context: The Need for Substantial Development

  • Secara umum keperawatan paliatif dibutuhkan oleh semua golongan umur     namun pada golongan lanjut usia denganKeperawatan paliatif merupakan bagian penting bagian dari keperawatan lanjut usia

Factor Relating Physical Activity Among Older People with Hypertension in Bantul, Indonesia.

  • Masalah aktifitas fisik secara umum di Indonesia masih belum memenuhi standar World Health Organisation (WHO). Secara teori faktor determinan terjadinya physical inactivity sangat banyak. Penelitian ini untuk mengetahui dan menyelesaikan masalah ketidak aktifan fisik pada golongan umur lanjut usia yang secara spesifik dilakukan di Kabupaten bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian telah di presentasikan di International Nursing Conference di Thailand dan publikasikan di International Proceeding of Behavioral and Social Sciences.

Progam Studi Ners Alma Ata Adakan Pagelaran Research Method in Nursing

Pagelaran research method in nursing merupakan kegiatan akhir dari blok research method in nursing. Selama menempuh blok tersebut, mahasiswa dilatih untuk membuat karya tulis ilmiah mulai dari bagaimana mengangkat masalah penelitian dibidang keperawatan sampai ke publikasi hasil penelitian baik berupa poster ataupun oral persentation.

Dalam pagelaran tersebut, beberapa mahasiswa mempresentasikan karyanya berupa proposal penelitian yang telah disusun selama mengikuti proses perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga mempublikasikan proposal penelitiannya dalam bentuk poster di Hall Ali Maksum Universitas Alma Ata. Banyak manfaat positif yang didapatkan pada kegiatan tersebut antara lain: melatih kreatifitas, melatih public speaking, meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam mempublikasikan karya ilmiahnya, dan yang paling penting adalah meningkatkan motivasi mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa semester 7 yang menempuh blok tersebut saja, namun semua mahasiswa juga ikut serta dalam kegiatan tersebut. dengan harapan akan tumbuh euforia dalam melakukan penelitian bagi setiap mahasiswa mengingat penelitian adalah tugas pokok dari civitas akademika dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi.

Diakhir acara, terdapat talksow dengan nara sumber Nindita Kumalawati Santoso, MNS selaku koordinator unit Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Prodi Ners, serta menghadirkan 3 narasumber yaitu Abid Ahsanul A, S.Kep, Cici Rosnita J Idu, S.Kep., dan Muhammad Agung S.Kep. Mereka adalah alumni Prodi Ners Alma Ata lulus periode tahun 2015 yang memiliki track record paling cepat dan paling akhir menyelesaikan skripsi. Mereka berbagi tentang tips menyelesaikan skripsi tepat waktu serta berbagi pengalaman bagaimana mempertahankan motivasi selama menulis skripsi, kesulitan-kesulitan apa saja yang dihadapi selama melaksanakan skripsi serta bagaimana mengatasinya. Dengan diadakannya talkshow tersebut diharapkan mahasiswa akan semangat dalam menyelesaikan skripsi.

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by