UKM Pencak Silat

ukm pencak silatPencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri yang berasal dari Asia Tenggara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Asia Tenggara maupun manca negara. Pencak silat di Indonesia telah menyebar hingga kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi. Pencak silat telah diakui berbagai daerah termasuk Jawa dan kepulauan lainnya. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

UKM Pencak Silat Alma Ata Yogyakarta berdiri pada tanggal 1 Januari 2014. UKM ini pernah mengikuti ajang perlombaan baik daerah wilayah maupun nasional. UKM Pencak silat mempunyai struktur organisasi dan program kerja yang merupakan aktivitas awal untuk menetapkan tujuan, serta strategi dalam pencapaian yang dilakukan selama satu periode 2016/2017. Salah satunya program kerja yang dijalankan yaitu penerimaan warga baru (PWB). PWB merupakan kegiatan wajib UKM diselenggarakan tiap tahun yang bertujuan untuk peresmian anggota baru pencak silat, melatih anggota menjadi pesilat yang tangguh, mempunyai jiwa kepemimpinan, jiwa korsa yang tinggi dan pantang menyerah. PWB ini dilaksanakan pada tanggal 20 November 2016 di Goa cemara Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota baru pencak silat yaitu dengan diberikannya beberapa materi dasar dalam silat seperti kuda-kuda pasang, jurus seni tunggal, dan juga latihan fisik dan dihadiri oleh ketua BEM UAA guna memantau saat kegiatan berlangsung.

Agenda rutin PWB (Penerimaan warga baru) wajib diikuti bagi anggota baru guna untuk mencapai tahapan pertama yang menjadi persyaratan mengikuti UKT (ujian kenaikan tingkat/sabuk). PWB dilakukan oleh pelatih yang profesional dan senior yang mempunyai dedikasi baik untuk menguji, tidak hanya itu saja penerimaan warga baru ini melatih kedisiplinan, menyambung tali persaudaraan antar anggota pesilat, melatih fisik dan mental serta melatih keberanian. Hal tersebut sebagai dasar pengetahuan yang dapat dikembangkan menjadi bakat tersendiri. Selain itu beberapa kegiatan didalamnya yaitu games, games ini diberikan agar suasana dalam acara tersebut menjadi seru dan membuat semangat antar anggota. Dan juga ada hiburan, yaitu pada akhir acara agar ada kesan yang membekas diacara tersebut.

ukm-pencak-silat-4

 

1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by