Optimalisasi Peningkatan Kualitas Pendidikan D III Kebidanan Melalui Diseminasi Hasil Penelitian

Optimalisasi Peningkatan Kualitas Pendidikan D III Kebidanan Melalui Diseminasi Hasil Penelitian

Desiminasi hasil penelitian adalah penyebarluasan informasi hasil penelitian kepada masyarakat luas. Diseminasi hasil penelitian dosen Program Studi DIII kebidanan merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Universitas Alma Ata untuk menyebarluaskan kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh para dosen di lingkungan Prodi DIII Kebidanan kepada para mahasiswa. Selain untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang proses jalannya penelitian, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat meneliti para mahasiswa tingkat akhir yang akan segera melaksanakan penelitian untuk memenuhi syarat kelulusan.

Kegiatan diseminasi hasil penelitian dosen Prodi DIII Kebidanan tahun ini diselenggarakan pada hari jum’at, tanggal 3 November 2017. Kegiatan diseminasi ini didahului dengan seminar ilmiah kebidanan tentang Maternaland Neonatal Update oleh pakar-pakar bidan di Provinsi DIY yaitu Ibu Tugirah S.ST dan Ibu Sri Marwanti, S.SiT., S.Pd.

Seminar pertama yang disampaikan oleh Ibu Tugirah, S.ST mengupas tentang kebijakan terkini Antenatal Care terintegrasi, sedangkan seminar kedua yang disampaikan oleh Ibu Sri Marwanti S.SiT., S.Pd. mengupas tentang asuhan terkini pada bayi baru lahir. Setelah penyampaian materi oleh kedua pakar tersebut yang dilanjutkan dengan sesi diskusi, dua dosen prodi DIII kebidanan yang mempresentasikan hasil penelitiannya. Presentator pertama yaitu Ibu Prasetya Lestari, S.ST., M.Kes., memaparkan kegiatan penelitiannya yang dilakukan pada tahun 2016 berjudul “Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Perilaku Pemberian Makan pada Anak Usia Toddler di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sedayu 1 Bantul Yogyakarta”, sedangkan presentator kedua yaitu Ibu Arantika Meidya, S.ST., M.Kes memaparkan kegiatan penelitiannya yang juga dilakukan pada tahun 2016 berjudul “Hubungan Pelayanan Kesehatan Masa Nifas dengan KB Pasca Salin di Indonesia”. Dengan diselenggarakannya seminar ilmiah dan diseminasi hasil penelitian ini diharapkan, mahasiswa prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata dapat tumbuh kesadarannya untuk melakukan penelitian di bidang kebidanan guna meningkatkan kualitas pelayanan asuhan kebidanan kepada masyarakat.

1,172 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini