Optimalisasi Laboratorium Pembelajaran Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Agama Islam (FAI),
Universitas Alma Ata (UAA) Di Majenang

Optimalisasi Laboratorium Pembelajaran Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Alma Ata (UAA) Di Majenang

Sesuai dengan visi misinya, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta yang unggul dalam bidang pengembangan sisitem pendidikan dan pembelajaran agama islam berbasis mutu mandiri berdaya saing global dan berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan indonesia berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia, Prodi PAI telah meluncurkan sebuah Laboratorium Pembelajaran di sekolah dan madrasah yang digunakan oleh mahasiswa sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Prodi PAI berharap mampu mencetak manusia yang senantiasa menyempurnakan takwa, iman, akhlak, aktif membangun perdamaian dan memajukan peradaban baik peradaban kehidupan berbangsa dan bernegara yang bermartabat maupun dunia.

Selain cita-cita diatas, prodi PAI berharap mampu mencetak generasi yang tangguh dalam menghadapi hambatan, tantangan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat dalam lingkup lokal, regional, nasional, dan global. Agar tujuan tersebut tercapai, maka prodi PAI mengembangkan Laboratorium Pembelajaran untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dan madrasah. Dukungan dari berbagai pihak terkait seperti dukungan dari orang tua, mahasiswa, dan masyarakat mutlak dibutuhkan untuk kesuksesan program laboratorium lapangan ini.

Tercatat, sejak tiga tahun terakhir ini Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Alma Ata (UAA) terus berupaya meningkatkan calon guru profesional dengan mengajak mahasiswa untuk melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di beberapa sekolah dan madrasah yang telah bermitra. Diantara Laboratorium Pembelajaran tersebut adalah SMK Alma Ata Majenang, SMP Alma Ata Majenag, dan MTs Tanwirul Huda Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Ketiga sekolah tersebut berada di bawah naungan dan binaan Yayasan Alma Ata yang sekaligus dijadikan sebagai Laboratorium Pembelajaran program studi PAI Universitas Alma Ata.

Laboratorium pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran PAI dalam menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, dan pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus menguatkan keimanan, keislaman, dan ketakwaan kepada Allah SWT, berakhlak mulia, memperluas pengetahuan agama, dan rajin beribadah. Selain itu, laboratorium juga berfungsi untuk menambah kemampuan mahasiswa dalam mengelola kelas (classroom management) dan menambah pengalaman mahasiswa mengenai proses belajar mengajar di lapangan. (LI)

31,105 kali dilihat, 34 kali dilihat hari ini