Manisnya Peluang Bisnis Rumah Sakit

Manisnya Peluang Bisnis Rumah Sakit

Banyak fakta yang menyebutkan bahwa Industri layanan kesehatan di Indonesia tumbuh pesat tetapi masih banyak juga masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri terus meningkat. Alasanya karena mereka ingin mencari teknolgi kesehatan yang lebih mutakhir dan pelayanan yang lebih baik.

Bisnis Rumah sakit atau Health Care memang sangat menjanjikan dan menggiurkan. Bukan saja tingkat profitabiltasnya yang menarik serta lebih resisten terhadap krisis, tetapi juga berpotensi untuk ke depannya yang akan berkembang luar bisa di dunia kesehatan yang dibuktikan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai angka di atas 200 juta jiwa dan pendapatan perkapitanya terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini lah yang menyebabkan industry kesehatan akan terus dibutuhkan terlebih dengan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap gaya hidup sehat

Ramalan ini terbukti dari para futuolog sejak awal tahun 2000-an, menyebutkan bahwa akan ada tiga industri masa depan yang terus berkembang dan tidak ada matinya.

  1. Industri Makanan
  2. Industri Pendidikan
  3. Industri Kesehatan

RASIONALNYA
Jumlah penduduk dunia akan terus berkembang, angka harapan hidup terus naik, selama manusia itu bernafas maka akan terus butuh makanan/minuman, jenis makanan bervariasi, jumlah kebutuhan makanan terus bertambah, dan berkembangnya sosial kultur suatu masyarakat maka kebutuhan makanan itu juga bervariatif dalam hal penyajiannya. Sehingga munculnya pemain bisnis restoran, makanan cepat saji, makanan ringan, bahkan ada sekolah juru masak.
Dewasa ini perkembangan sains, tuntutan sosial menuntut manusia untuk terus mempelajari dan menguasai ilmu pengetahuan, keterampilan dan keahlian baru. Hal ini munculnya pemain di industri pendidikan

By: Wahyu Rizky, S.Kep.,Ns.,M.M.R (Dosen Prodi Administrasi Rumah Sakit)