Mahasiswa Semester Dua Prodi Pendidikan Matematika UAA Menjadi Pemakalah di Seminar Nasional

Mahasiswa Semester Dua Prodi Pendidikan Matematika UAA Menjadi Pemakalah di Seminar Nasional

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata Yogyakarta, Siti Rohayati berhasil mempresentasikan hasil penelitian Program Kreatifitas Mahasiswa dalam seminar nasional Pendidikan Matematika dengan Tema Smart Teacher dan Karya Nyata Matematika Untuk Kemajuan Bangsa yang diadakan di Surakarta pada tanggal 14 Mei 2017 lalu. Siti Rohayati merupakan mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika yang berhasil lolos pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tingkat Nasional 2017 dalam bidang penelitian. Dalam seminar tersebut Siti Rohayati bersanding dengan para dosen, guru, dan peneliti lainnya untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

Dalam penelitian tersebut, Siti melakukan identifikasi etnomatematika yang terdapat pada Masjid Agung di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Masjid Agung Manunggal Bantul, Masjid Agung Kauman Yogyakarta, Masjid Agung Wahidin Sudirohusada, Masjid Agung Kulon Progo, Masjid Agung Mataram, Masjid Agung Pakualam, Masjid Patok Negara Ploso Kuning dan Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari. Siti rohayati bersama dengan timnya, mengidentifikasi unsur-unsur matematika yang terdapat pada arsitek bangunan di masjid tersebut. Pisau analisis yang digunakan adalah etnomatematika. Etnomatematika merupakan salah satu kajian ilmu matematika yang mempelajari nilai-nilai matematika dalam seni dan budaya. Sementara artikel/paper hasil penelitian tersebut sudah dipublikasikan di Prosiding Seminar berISSN : 2528-4630.

Keberhasilan Siti Rohayati dalam mempresentasikan hasil penelitian ini membuktikan bahwa masih ada generasi muda yang selalu berinovasi dan berkreasi dengan bidang ilmu yang dimikinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Generasi muda yang peduli akan keanekaragaman budaya bangsa indonesia. Buat mbak Siti Rohayati kami ucapkan selamat dan sukses selalu ya…!

30,465 kali dilihat, 77 kali dilihat hari ini