Mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata, Laksanakan Ucap Janji Pra Klinik
Sebelum Turun Ke Lahan Praktek

Mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata, Laksanakan Ucap Janji Pra Klinik Sebelum Turun Ke Lahan Praktek

Pada tanggal 23 Mei 2017  Fakultas ilmu ilmu kesehatan universitas alma ata  menyelenggarakan acara ucap janji pra klinik yang diikuti oleh kurang lebih 204 mahasiswa  semester 2 yang terdiri dari empat program studi, diantaranya Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Ilmu Gizi, Program studi Administrasi Rumah Sakit dan Program Studi D3 Kebidanan.  Selain civitas akademika universitas Alma Ata, acara tersebut juga dihadiri orang tua mahasiswa serta sejumlah tamu undangan diantaranya kepala Dinkes DIY, Kepala Dinkes Bantul, Ketua PPNI Bantul, Ketua IBI, Ketua Persagidan organisasi ARS.

Dalam sambutannya, Kadinkes DIY yang diwakili oleh Dra. Hardiah Djuliani, Apt., M.Kes menyampaikan bahwa acara ucap janji bagi mahasiswa yang akan turun ke lahan sebelumnya sudah mengikuti pembekalan dan ujian pra klinik. Ucap janji bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menjalankan praktek klinik keperawatan dalam segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Beliau juga menyampaikan bahwa ucap janji merupakan gerbang awal mereka memasuki untuk dicetak menjadi tenaga-tenaga kesehatan yang professional.

Kemudian sambutan dilanjut oleh Rektor Universitas Alma Ata, Prof.dr. Hamam Hadi.,Ms.,Sc.D.,Sp.GK juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa yang akan memasuki lahan praktek bahwa guru yang sebenar-benarnya adalah pasien. Sehingga mahasiswa diwajibkan menghormati dan menghargai  pasien dengan menjaga semua kerahasiaan pasien. Selain itu Rektor juga menekankan agar mahasiswa belajar dengan sebaik-baiknya untuk bisa menjadi tenaga kesehatan yang profesional tetapi juga memegang teguh ajaran Islam. Rektor berharap agar saat melakukan praktek para mahasiswa dapat membawa nama baik almamater serta dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya.

29,833 kali dilihat, 61 kali dilihat hari ini