Kegiatan Orientasi Lahan Praktik Ners

Kegiatan Orientasi Lahan Praktik Ners

Pendidikan Profesi Ners adalah tahap pendidikan lanjutan setelah mahasiswa menyelesaikan jenjang Sarjana Keperawatan (S.Kep) yang akan dilalui selama 1 tahun. Pendidikan tersebut akan dilangsungkan di Lahan Praktek yang meliputi Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah sakit Jiwa, Panti Sosial, Puskesmas dan di tatanan masyarakat masyarakat dengan mengaplikasikan teori asuhan keperawatan yang telah dipelajari di level Sarjana.

Pembelajaran praktik profesi ini dilaksanakan melalui Project Based Learning (PBL), pengembangan Inter Professional Education (IPE), serta adanya integrasi nilai-nilai ajaran Islam Rohmatan Lil Alamien dalam peningkatan kualitas pembelajaran asuhan keperawatan di tatanan klinik maupun komunitas. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu kegiatan pre dan post conference; tutorial yang diberikan preseptor baik kegiatan meet the expert maupun bed site teaching; diskusi kasus; case report dan operan dinas; pendelegasian kewenangan bertahap; seminar kecil tentang klien atau ilmu dan teknologi kesehatan/keperawatan terkini; problem solving for better health (PSBH); dan belajar berinovasi dalam pengelolaan asuhan keperawatan.

Dalam rangka merealisasikan capaian pembelajaran Profesi Ners, Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata telah melakukan kegiatan orientasi lahan praktik pada tanggal 14 April 2017. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pihak institusi lahan praktik, pembimbing akadamik dan mahsiswa Co- Ners Universitas Alma Ata. Sejumlah 41 mahasiswa telah diorientasikan ke beberapa lahan praktik Profesi Ners. Pada kegiatan orientasi lahan praktik ini mahasiswa diberikan pengarahan tentang tata tertib di RS dan berbagai materi patient safety, Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP), pencegahan infeksi, dan lain-lain. Harapannya dengan pembekalan dan orientasi lahan praktik ini mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran profesi dengan maksimal, aktif, disiplin dan mampu mengoptimalkan kesempatan dengan pencapaian kompetensi Ners yang baik.

33,444 kali dilihat, 54 kali dilihat hari ini