Sekilas Prodi Ilmu Sistem Informasi

Sistem Informasi (Information System), menekankan pada kemampuan individu dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi sebagai aset utama organisasi, mencakup di antaranya:

  1. Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi;
  2. Menekankan pada informasi sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitan kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
  3. Mempelajari aspek penting bagaimana informasi diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku-kepentingan dalam institusi.
  4. Kurikulum ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing (the value of information technology to the business).

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi ditempuh dalam waktu 4 tahun efektif, yang terbagi atas 8 semester. Beban studi setara dengan 144 sks terdiri dari 126 sks Mata Kuliah Wajib termasuk didalamnya Skripsi, dan minimal 18 sks Mata Kuliah Pilihan. Sistem perkuliahan yang diselenggarakan tatap muka sebanyak 16 kali pertemuan dengan termasuk didalamnya tugas mandiri, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Kurikulum Program Studi Sistem Informasi dirancang untuk menyiapkan mahasiswa memiliki beberapa jenis kompentensi berdasarkan profil lulusan yang ditawarkan di Universitas Alma Ata, diantaranya Business Process Analyst, Database Analyst, E-Business Analyst, Data Analyst. Dari 4 (empat) profil lulusan program studi Sistem Informasi terbagi menjadi 2 (dua) peminantan untuk mengkonsentrasikan mahasiswa sesuai dengan profesi yang dipilih. Peminatan Program Studi Sistem Informasi terdiri dari:

Intelijen Bisnis (Business Intelligence)

Peminatan ini berfokus untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam mengolah data yang berukuran besar dan tidak beraturan dengan menganalisa dan menyajikannya dalam bentuk yang mudah dipahami, merancang arsitektur teknologi informasi suatu sistem informasi sehingga menghasilkan data yang berkualitas untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan bisnis dan organisasi untuk meningkatkan kinerja menjadi transparan, aman, cepat, akurat, tepat sasaran, dan kompetitif. Peminatan ini menghasilkan profesi lulusan E-Business Analyst dan Data Analyst.

Sistem Informasi Strategis (Strategic Information System)

Peminatan ini berfokus untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam memahami proses bisnis di dalam berbagai macam organisasi secara umum dengan praktek dan standar mutu yang baik guna menganalisa sistem basis data dan menganalisa, mendesain, mengimpementasikan sistem informasi yang bersifat strategis pada perusahaan bisnis dan organisasi. Peminatan ini menghasilkan profesi lulusan Business Process Analyst dan Database Analyst.

168 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini