Hospital Exposure 1, Prodi Administrasi RumahSakit

Hospital Exposure 1, Prodi Administrasi RumahSakit

Hospital  Exposure  I merupakan kegiatan praktik lapangan Mahasiswa Program Studi  Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata. Bertepatan dengan Ramadhan 1439 H/Rabu 06 Juni 2018 Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata telah menyelesaikan Hospital Exposure I di RSUD Wates Kulon Progo yang diikuti Oleh mahasiswa semester 2. Hospital Exposure sendiri merupakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan Peserta Hospital  Exposure I secara aktif dalam kegiatan Administrasi Rumah Sakit sehingga dapat menyeimbangkan pengetahuan akademik yang diperoleh peserta dalam perkuliahan dengan pengetahuan dan keterampilan  teknik pengelolaan Rumah Sakit dengan memakai pendekatan pemecahan masalah.

Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan praktik lapangan untuk memberikan pengalaman praktik secara langsung dengan melihat alur proses pelayanan medik dan penunjang yang meliputi input, proses dan output. Diharapkan dengan Hospital  Exposure  I ini mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu manajemen di organisasi pelayanan kesehatan khususnya di bidang Administrasi Rumah Sakit sesuai dengan standar profesi dan tuntutan budaya masyarakat, serta mampu menganalisis masalah pelayanan kesehatan khususnya di bidang Administrasi Rumah Sakit.

 

Kompetensi yang akan dicapai dalam Hospital Exposure Iini adalah:

  1. Kemampuan memahami visi, misi, fungsi, tujuan dan struktur organisasi RS
  2. Kemampuan memahami job deskripsi bagian yang ada di RS
  3. Mampu menggambarkan denah RS dalam bentuk mapping RS
  4. Mampu memaparkan pengelolaan kegiatan di RS baik pada bagian medik maupun penunjang medik dan bagian umum serta indikator kinerja setiap bagian
  5. Mampu menggambarkan mekanisme hubungan antara bagian dalam bentuk alur proses.
  6. Mampu menggambarkan alur kegiatan pelayanan pelayanan medik, Unit penunjang medik dan Unit umum dalam bentuk alur proses.