Farmasi UAA Lolos PKM 5 Bidang KEMENRISTEK DIKTI

Farmasi UAA Lolos PKM 5 Bidang KEMENRISTEK DIKTI

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. PKM ini merupakan event besar yang selalu dinantikan para mahasiswa karena di sinilah mereka berlomba-lomba menunjukkan kreativitasnya, bersaing dengan mahasiswa lain se-Indonesia untuk unjuk gigi. PKM terdiri dari 5 Bidang, yaitu:

  1. PKM – P (Penelitian)
  2. PKM – M (Pengabdian Masyarakat)
  3. PKM – K (Kewirausahaan)
  4. PKM – KC (Karsa Cipta)
  5. PKM – T (Teknologi)

Tahapan PKM 5 bidang ini tergolong sangat panjang dimana akan berlangsung selama kurang lebih 1 tahun. Tahapan tersebut harus dilalui oleh mahasiswa secara berkelompok dimana ada seleksi proposal yang akan didanai oleh KEMENRISTEK DIKTI, kemudian tahap pelaksanaan program oleh mahasiswa bagi proposal yang lolos, tahap evaluasi program, seleksi program yang dapat maju ke tahap final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Program Studi Sarjana Farmasi UAA memang masih belia mengingat baru memiliki satu angkatan mahasiswa, namun semangat para mahasiswa Farmasi UAA boleh diadu. Beberapa skema diajukan oleh mahasiswa Farmasi UAA dan Alhamdulillah pada periode tahun ini, Famasi UAA meloloskan 2 skema yang akhirnya lolos seleksi untuk didanai oleh KEMENRISTEK DIKTI. Skema tersebut adalah PKM-M (pengabdian masyarakat) dengan judul “ Pemberdayaan Guru Kelas V SD untuk Memudahkan Pemahaman Peserta Didik tentang Sistem Peredaran Darah“ dan PKM-P (penelitian) dengan Judul “ Gel Nano BADALIYA (Eleutherine palmifolia) dan (Aloe Vera) sebagai Anti Acne”.

Pada tanggal 14 Juli 2017 Mahasiswa Farmasi UAA yang tergabung dalam 2 kelompok (PKM-M dan PKM-P) mengikuti kegiatan evaluasi dan monitoring PKM 5 Bidang yang bertempat di kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mengetahui perkembangan sekaligus mengevaluasi pelaksanaan PKM 5 Bidang Tahun 2017 dan persiapan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2017. Pada kegiatan Monev ini, mahasiswa mempresentasikan hasil program yang sudah dijalankan serta program yang masih direncanakan untuk dilakukan dalam skema programya.

Kami, Program Studi Sarjana Farmasi memohon doa saudara sekalian agar skema PKM yang mengikuti kegiatan evaluasi kemarin dapat lolos dan masuk ke tahap final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Amin..

30,738 kali dilihat, 49 kali dilihat hari ini