“ETNOMATEMATIKA” : MENGANTARKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UAA LOLOS HIBAH PKM TAHUN 2017

“ETNOMATEMATIKA” : MENGANTARKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UAA LOLOS HIBAH PKM TAHUN 2017

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah ajang bergengsi mahasiswa diseluruh Indonesia yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat serta keilmuan dalam bidang bidang penelitian, pengabdian masyarakat, kewiraushaaan, serta teknologi. Melalui ajang ini para mahasiswa mampu membuktikan kemampuan dan prestasinya sebagai para cendikiawan muda dalam tingkat nasional.

Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika UAA merupakan prodi baru yang lahir di Tahun 2015 lalu, langsung mencuri start ambil bagian dalam ajang PKM tahun 2017 dengan lolos seleksi untuk didanai oleh Belmawa Kemenristek Dikti pada bidang Penelitian Sosial Humaniora. Penelitian Mahasiswa Pendidikan Matematika UAA tersebut berjudul “Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Penelitian terkait etnomatematika sendiri merupakan penelitian yang tergolong baru khususnya di Indonesia. Etnomatematika justru menjadikan matematika adalah bagian dari  lingkungan, budaya, adat istiadat dan kearifan lokal sehingga matematika bukan lagi pelajaran yang abstrak, menakutkan, susah, namun justru matematika dapat lebih dekat dengan kehidupan siswa.

Kami berharap melalui penelitian tersebut mampu memberikan kontribusi positif terhadap matematika dan menjadi mata pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang asyik dan menyenangkan. Selain itu, Prodi Pendidikan Matematika akan selalu mendorong, mendukung secara penuh bagi mahasiswa pendidikan matematika UAA untuk selalu rutin mengikuti ajang PKM di setiap tahunnya. Namun tidak hanya terbatas pada PKM, tetapi mahasiswa pendidikan matematika UAA harus mampu mewarnai pada ajang-ajang lain. Ini merupakan komitmen prodi pendidikan matematika agar lulusannya  memiliki kemampuan yang tidak kalah baik dengan kampus-kampus yang lainnya.

30,043 kali dilihat, 58 kali dilihat hari ini