Dosen Prodi Teknik Informatika Mengikuti “Proposal Writing Clinic” Untuk Memenangkan Dana Hibah Bersaing

Dosen Prodi Teknik Informatika Mengikuti “Proposal Writing Clinic” Untuk Memenangkan Dana Hibah Bersaing

Para dosen teknik informatika mengikuti kegiatan Research proposal Writing Clinic yang diselenggarakan oleh Lembangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UAA pada tanggal 25 Mei 2017. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Alma Ata(UAA), Prof. Dr. H. Hamam Hadi, MS., Sc.D., Sp.GK. Dalam pidato pembukaan, beliau mengatakan kemampuan para dosen untuk melakukan penelitian harus selalu ditingkatkan. Kegiatan penelitian merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dipenuhi oleh dosen dan menjadi salah satu ujung tombak pencapaian visi Alma Ata menjadi Well-Grounded Research University pada tahun 2040.

Research proposal Writing Clinic adalah kegiatan bedah proposal yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun 2017 , kegiatan ini adalah yang kedua kali. Kegiatan ini dilaksanakan secara paralalel oleh seluruh program studi (Prodi) di setiap fakultas di lingkungan Alma Ata yaitu, Fakultas Kesehatan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Pendidikan dan Keguruan, dan Fakultas Ekonomi dan Bahasa.

Prodi Teknik Informatika mendapatkan kesempatan untuk menggali lebih dalam kiat-kiat menulis proposal penelitian dari Dr.Kusrini, M.Kom, dosen berprestasi ke-3 kopertis V pada tahun 2016 sekaligus direktur Pasca Sarjana Universitas Amikom. Beliau mengatakan untuk menghasilkan proposal yang mampu menembus dana hibah, perlu memperhatikan standar penulisan proposal sesuai ketentuan dari pihak pemberi hibah dan tak kalah penting yaitu ide penelitian atau masalah yang akan diteliti. Ada berbagai cara menemukan masalah untuk diteliti, antara lain intensif membaca paper atau jurnal publikasi hasil- hasil penelitian, studi literatur atau observasi langsung dilapangan. Menurut Dr.Kusrini, M.Kom., dosen yang rajin melakukan penelitian akan mendapatkan banyak manfaat. Selain bermanfaat mempercepat kenaikan jabatan akademik, hasil penelitian dapat dipatenkan dan menjadi sumber penghasilan.

Selain pemaparan materi, kegiatan ini juga diisi dengan bedah proposal penelitian dosen Fakultas Ilmu Komputer oleh Dr.Kusrini. Kali ini, dua proposal penelitian dosen Teknik Informatika menjadi bahan bedah proposal. Dua proposal tersebut ditulis oleh Arfi Joyendri, M.Kom., Maya Marselia, M.Kom., Siti Khomsah, M.Cs., dan Andri Pramuntadi, M.Kom., Masing- masing proposal di review secara mendetil oleh Dr.Kusrini, M.Kom. Dengan bedah proposal ini diharapkan para dosen mampu mengukur sejauh mana tingkat accepted proposal yang ditulis jika bersaing pada kompetisi hibah penelitian.

Kaprodi Teknik informatika Universitas Alma Ata Yogyakarta, Siti Khomsah, S.Kom, M.Cs. mengungkapkan, kegiatan bedah proposal penelitian dipandang sangat penting bagi dosen muda sebagai peneliti pemula untuk meningkatkan kualitas sebagai dosen baik dalam mengajar sekaligus memposisikan dirinya sebagai ilmuan. Dosen yang sering meneliti mampu menularkan ilmu hasil penelitian kepada mahasiswa sehingga pengetahuan yang disampaikan kepada mahasiswa bukan pengetahuan yang using.