Dosen Pmat UAA Berbagi Trik dan Strategi Sukses Tes TPA

Dosen Pmat UAA Berbagi Trik dan Strategi Sukses Tes TPA

Sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen-dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata telah melakukan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut berjudul “Trik dan Strategi dalam menyelesaikan Tes Potensi Akademik (TPA)”. Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan tes potensi akademik.

Ketua kegiatan pengabmas, Ahmad Anis Abdullah, M.Sc menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dari prodi pendidikan matematika universitas alma ata dalam meningkatkan daya saing madrasah aliyah dalam persaingan seleksi masuk perguruan tinggi. Kegiatan tersebut berisi pengenalan soal tes potensi akademik yang terdiri atas tes logika, tes verbal, tes aritmatika, tes aljabar, dan tes penalaran visual. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua siswa kelas XII baik jurusan IPA maupun IPS selama dua hari yaitu pada pertengahan bulan Desember 2017.

Selain kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan tes potensi akademik, ketua prodi pendidikan matematika Universitas Alma Ata, Bapak Rino Richardo, M.Pd juga memberikan beasiswa peduli pendidikan kepada sejumlah siswa di MA Nurul Ummah. Bea siswa tersebut berupa potongan shodaqoh jariyah dan bebas biaya tes masuk prodi pendidikan matematika universitas alma ata,

Kepala MA Nurul Ummah, Bapak Muhammad Baihaqi, M.Ag. sangat mengapreasi kegiatan dan kepedulian dari Prodi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata. Terlihat antusias siswa dan siswi dalam mengikuti acara tersebut sangat luar biasa. Terbukti siswa aktif dalam mengerjakan soal dan bertanya kepada para dosen yang memberikan materi. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan siswa MA Nurul Ummah mampu berkompetisi dalam seleksi masuk perguruan tinggi pada tahun ini.