“Bersatu Untuk Berbagi” Tema Bakti Sosial Mahasiswa PAI Alma Ata

“Bersatu Untuk Berbagi” Tema Bakti Sosial Mahasiswa PAI Alma Ata

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FAI Universitas Alma Ata telah melaksanakan bakti sosial dan santunan yatim piatu pada Jum’at – Minggu, 20-22 Juli 2018 dengan tema “Bersatu untuk Berbagi” di Gunungkidul. Bakti sosial dan santunan yatim piatu merupakan salah satu bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengadakan bazar pakaian dan sembako murah, mengajar santri-santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) al Munawaroh, dan diakhiri dengan pengajian akbar.

Mahasiswa PAI UAA mengisi pengajian akbar dengan beberapa rangkaian kegiatan, yaitu penyerahan hadiah juara lomba mewarnai dan CCA, santunan 40 anak yatim piatu, dan  penyerahan perlengkapan TPA (25 buah meja lipat, 2 buah meja besar, 1 buah almari buku, dan 1 buah papan tulis).

Garis besar isi pengajian akbar bakti sosial mahasiswa PAI UAA pada saat malam santunan yatim piatu adalah tentang “keutamaan berbagi”, sebagaimana terjemahan surat Al Baqoroh ayat 261-263 yang disinyalir oleh penceramah: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkainya ada seratus biji, Allah melipatgandakan bagi siapa yang dia kehendaki, Allah Maha Luas, dan Maha Mengetahui — Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati — Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima), Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.”

15,959 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini