Perguruan Tinggi Alma Ata Mengadakan Mou Dengan University Of Ez-Zitouna Tunisia

Perguruan Tinggi Alma Ata Mengadakan Mou Dengan University Of Ez-Zitouna Tunisia

Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STIA) Alma Ata Yogyakarta dan University of Ez-Zitouna Tunisia telah mengadakan kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU), Kegiatan ini diadakan pada hari Jum’at tanggal 15 Dzulhijjah 1435 H / 10 Oktober 2014. Kerjasama ditandatangani dari pihak Perguruan Tinggi Alma Ata oleh Ahmad Yunadi, M.A. selaku Ketua STIA, sedangkan dari pihak University of Ez-Zitouna Tunisia diwakili Prof. Dr. Mohammmed El-Mestiri. MoU juga disaksikan secara langsung oleh Dra. Ibu Rufaida mewakili Yayasan Alma Ata beserta para staf dan dosen. Adapun poin penting dalam kerjasama antara dua perguruan tinggi ini adalah kerjasama dalam pengembangan penelitian, perolehan dua gelar sekaligus (doble degree), pertukaran dosen, publikasi ilmiyah dan beasiswa S2 di University of Ez-Zitouna Tunisia bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Alma Ata yang berprestasi.

Dalam sambutannya selaku Direktur Administrasi Akademik Fiska Ilyasir, M.S.I. merasa senang dengan adanya kunjungan dari perwakilan University of Ez-Zitouna Tunisia sekaligus bangga mengadakan kerjasama dengannya. Karena Alma Ata sendiri memiliki visi pada tahun 2025 menjadi perguruan tinggi yang unggul. Salah satu upaya untuk mencapai keunggulan ini adalah mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi berkelas dunia seperti University of Ez-Zitouna Tunisia.

Prof. Dr. Mohammed El-Mestiri mengemukakan bahwa meski tidak sepopuler Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, University of Ez-Zitouna Tunisia merupakan kampus Islam tertua di Dunia. Kampus ini telah melahirkan cendekiawan muslim berkelas dunia seperti Ibnu Khaldun, bahkan pemikiran Ibnu Khaldun menjadi referensi utama ilmuwan barat termasuk para cendekiawan di Indonesia. Prof. Dr. Mohammed El-Mestiri sendiri tidak kurang selama 20 tahun telah tinggal di Perancis dan kembali ke Tunisia pasca revolusi Tunisia yang berhasil menumbangkan rezim Presiden Zein el-Abidin. University of Ez-Zitouna memiliki misi untuk mempertahankan ilmu-ilmu keislaman dan mengintegrasikannya dengan ilmu-ilmu sains. Sebelum mengunjungi perguruan tinggi Alma Ata, beliau menjadi pembicara dalam seminar internasional dengan tema “ Integrasi dan Interkoneksi Ilmu Pengetahuan “. Sehingga beliau sangat senang ketika Perguruan Tinggi Alma Ata tidak hanya memiliki prodi-prodi ilmu keislaman tetapi juga memiliki prodi-prodi ilmu kesehatan.

Bagi Perguruan Tinggi Alma Ata kerjasama dengan University of Ez-Zitouna Tunisia dapat dijadikan sebagai pintu masuk untuk mengadakan kerjasama dengan kampus-kampus ternama di Afrika seperti Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, Universitas Alexandria Mesir, Universitas Muhammad V Rabat Maroko, Universitas Al-Qarawiyyin Maroko. Dan kampus di Eropa seperti Universitas Sorbonne Perancis. Perlu diketahui bahwa Prof. Dr. Mohammed El-Mestiri menjadi tenaga pengajar dan memiliki hubungan baik dengan kampus-kampus tersebut bahkan gelar professornya diperoleh dari Universitas Sorbonne Perancis.

(Abdul Ghoni,SHI.,MA , Dosen Ekonomi Syariah STIA Alma Ata)

15 Oktober 2014
1
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by